Sambut Pemilu 2024, Pemprov Banten Ajak Semua Pihak Jaga Kondusivitas

BANTEN272 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia| Serang- Pemerintah Provinsi Banten akan terus melakukan koordinasi dan sinergi bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten dalam mempersiapkan Pemilu 2024, terutama pada hal pengamanan.

Hal tersebut disampaikan Plt Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Banten EA Deni Hermawan usai menyaksikan Latihan Simulasi Pengamanan Pemilu 2024 yang diselenggarakan Polda Banten, di Lapangan Mapolda Banten, Kota Serang, Senin (20/3/2023).

“Pemprov Banten akan bersinergi dan bersama Forkopimda, khususnya TNI dan Polri dalam mengamankan perhelatan Nasional, Pemilu dan Pilkada,” ungkapnya.

Dikatakannya, dengan simulasi pengamanan tersebut, menunjukan kesiapsiagaan dari Polri terhadap kemungkinan yang dapat terjadi pada Pemilu 2024 nanti.

“Ini faktor yang harus dikolaborasikan oleh TNI, Polri dan Pemerintah Daerah,” katanya.

Selain itu, dalam upaya mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi. Pihaknya akan bekerja sama dengan stakeholder untuk mensosialisasikan aturan-atutan terkait Pemilu, sehingga diharapkan masyarakat dapat memahaminya.

“Tentu kami bekerja sama dengan berbagai pihak mulai dari KPU dan Bawaslu untuk melaksanakan sosialisasi terkait dengan ini, agar tidak ada gejolak,” imbuhnya.

Pihaknya juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyambut dan turut menyukseskan penyelenggaraan Pemilu yang akan datang.

“Mari kita pastikan Pemilu dan Pilkada yang akan datang dengan kebersamaan serta kesadaran bersama agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Sementara, Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedy Suhartono mengatakan simulasi pengamanan yang dilakukan itu sebagai langkah antisipasi apabila hal tersebut terjadi di lapangan.

“Kita melakukan simulasi seolah-olah seperti faktanya di lapangan. Itu untuk mengantisipasi kerawanan yang ada pada waktu Pemilu,” ujarnya.

Adapun simulasi yang dilakukan diantaranya, pengamanan pada masa kampanye, pengamanan di TPS serta pengamanan saat melakukan penanganan unjuk rasa yang bersifat tenang maupun sampai kesifat anarkis yang membuat kerawanan.

Turut menyaksikan Simulasi Pengamanan Pemilu 2024 tersebut, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho, Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif, Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Fahmi Hakim serta tamu undangan yang lainnya. (YG).