oleh

Sat Binmas Berikan Binluh Kepada Para Pemuda Gereja Eden di Tanjung Ria


Investigasi Bhayangkara Indonesia.com
Polresta Jayapura Kota,- Bertempat di Gedung Sekolah Minggu Par (Persekutuan Anak Remaja) Kelurahan Tanjung Ria RT 02 / RW 02 Distrik Jayapura Utara, Satuan Binmas Polresta Jayapura Kota berikan Pembinaan dan Penyuluhan (Binluh), Kamis (18/2) Pagi.

Giat Binluh Kamtibmas yang digelar bertema tentang pentingnya Vaksin untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pelaksanaan binluh dipimpin langsung Kasat Binmas Polresta Jayapura Kota AKP Piter Kendek, S.Sos., M.M didampingi Wakasat Binmas Iptu Abdullah Chariri bersama Kanit Binmas Polsek Jayapura Utara Iptu Miftachul Ulum bersama staf sat binmas polresta jayapura kota dan polsek jayapura utara dengan peserta para pemuda persekutuan anak remaja Gereja Eden.

Dalam pesan binluh yang disampaikan Kasat Binmas mengatakan yang intinya bertujuan untuk memberikan edukasi maupun sosialisasi tentang pentingnya menjaga situasi Kamtibmas.

Kasat menuturkan, kemitraan antara aparat Kepolisian dengan para pemuda persekutuan remeja di gereja Eden sangatlah penting yang mana diketahui bersama dalam menjaga Kamtibmas bukan hanya tugas pokok dari aparat Kepolisian saja akan tetapi adalah tugas bersama sebagai warga masyarakat kota Jayapura.

“Selain itu kita tahu bersama bahwa saat ini tindak kejahatan bukan hanya terjadi di dunia nyata akan tetapi juga sering terjadi di dunia digital seperti pada media elektronik, media sosial ataupun media online lainnya untuk itu sering kita jumpai berita-berita Hoax dan Hate Speech (ujaran kebencian),” Ungkap Kasat.

Lanjutnya berita Hoax itu sendiri adalah berita yang tidak benar atau pun berita yang tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya yang berdampak pada penipuan terhadap orang banyak sementara Hate Speech (ujaran kebencian) yang mana saat ini sedang marak terjadi di masyarakat baik secara individu maupun kelompok dalam berbagai aspek.

“Dampak dari Hate Speech adalah dapat menyebabkan merendahkan manusia lainnya, menimbulkan kerugian material dan korban manusia yang mana bisa berdampak pada konflik,” Ujar Kasat.

Dirinya menambahkan, cara pencegahan terhadap Hate Speech dan Hoax adalah diantaranya tidak menyebarkan berita ataupun informasi yang belum kita tahu kebenarannya serta cermati alamat situs dan teliti setiap berita yang di terima atapun penguna internet (media sosial) bisa melaporkan hoax tersebut melalui sarana yang tersedia di masing-masing media.

“Oleh sebab itu kami dari pihak Kepolisian khususnya dari Satuan Binmas Polresta Jayapura Kota mengharapkan agar para pemuda-pemudi yang telah hadir dalam kegiatan ini agar lebih bijak dan lebih teliti dalam mengunakan handphone dalam mengelola media sosial agar tidak mudah terpengaruhi oleh berita Hoax ataupun Hate Speech (ujaran kebencian) karena dapat merugikan banyak orang dan diri sendiri serta akan di kenakan sangsi hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” Himbaunya.

Terakhir ia juga menjelaskan, saat ini juga kita tahu bersama bahwa dampak dari virus covid-19 masih terus bertambah di seluruh dunia baik di negara Indonesia maupun di Provinsi Papua oleh sebab itu saat ini juga pemerintah pusat telah melakukan vaksinasi virus covid-19 kepada seluruh warga negara Indonesia, dimana tujuan vaksinasi adalah untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 yg ada dan khususnya jg di kota jayapura.(*)

Penulis : Subhan
Editor Mustaqiim

Komentar

News Feed