Satgas Pamtas Statis RI – PNG Yonif RK 111/KB Tingkatkan Kemanunggalan TNI Dan Rakyat Melalui Binter Terbatas

Berita Hari Ini135 Dilihat

Papua Selatan | Investigasibhayangkara.com
Boven Digoel
– Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif RK 111/KB yang bertugas di Wilayah Jajaran Korem 174/ATW meningkatkan kegiatan Binter dalam rangka mewujudkan juang yang tangguh untuk kepentingan Pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Senin (21/08/2023).

Pasiter Satgas Letda Inf. Efendi, menjelaskan, selain tugas pokok melaksanakan pengamanan disepanjang perbatasan dan Pengecekan Patok Batas Negara RI- PNG di Kabupaten Boven Digoel Papua Selatan, Satgas Pamtas RI – PNG Yonif RK 111/KB juga melaksanakan binter terbatas dengan beberapa program yang akan diterapkan di wilayah penugasan.

“Dalam tugas, satgas terus melaksanakan program Binter seperti membantu pemerintah daerah dalam bidang Kesehatan, Pendidikan, dan Wawasan Kebangsaan dengan tujuan agar terjalin hubungan baik anggota Satgas dengan masyarakat untuk kepentingan pertahanan Negara di wilayah perbatasan RI-PNG”, Ujar Efendi.

Lanjutnya, Binter terbatas yang dilaksanakan Satgas Pamtas RI- PNG Yonif RK 111/KB tidak berdiri sendiri melainkan tetap berkordinasi dengan Instansi Pemerintah daerah dan Komando Kewilayahan dalam hal ini Kodim 1711/Boven Digoel, dibawah Korem 174/ATW.

Kepala Kampung mawan Distrik Mandobo Kabupaten Boven Digoel Papua selatan mengatakan bahwa kehadiran satgas di wilayah mereka sangat membantu masyarakat.

Tambahnya, disamping memberikan kenyamanan dan pengamanan wilayah perbatasan Satgas juga memberi peluang untuk masyarakat yang perlu pengobatan gratis dan tenaga pendidikan khususnya di wilayah terpencil.

harapannya, ke depan hubungan masyarakat dengan anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif RK 111/KB dapat sejalan dalam menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kitorang Basudara” adalah tema Binter Satgas Pamtas Statis RI – PNG Yonif RK 111/KB dengan maksud tidak membeda bedakan suku ras dan agama sesuai dengan sila kedua Pancasila.

Berharap baik anggota Satgas atau dari masyarakat sekalipun tidak ada yang membuat permasalahan, jikapun ada dapat diselesaikan secara persuasif dan musyawarah.

Selanjutnya, kepada masyarakat dapat lebih terbuka dalam memberikan informasi terkait ancaman gangguan dan hambatan serta program program positif kepada anggota satgas yang tersebar di jajaran wilayah perbatasan Kabupaten Boven Digoel Papua Selatan.