oleh

Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0402/OKI Bantu Warga Tanam Padi

Investigasibhayangkara.com Sumsel-Palembang Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan kelanjutan dari program ABRI Masuk Desa (AMD) yang dimulai sejak tahun 1980 dan dilaksanakan secara terpadu antara TNI dengan pemerintah dan masyarakat. Salah satu tujuan kegiatan TMMD adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional.

Dalam kegiatan TMMD ke-108 TA 2020 Kodim 0402/OKI yang baru dibuka oleh Bupati Ogan Ilir H.M. Ilyas Panji Alam, SE., SH., MM. Kemaren (Red. Senin) di Ruang Rapat Bupati Ogan Ilir, personel yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-108 ini tidak hanya melaksanakan kegiatan fisik dan non fisik sesuai sasaran kegiatan, tapi juga melakukan kegiatan yang bersentuhan langsung kepada masyarakat, salah satunya membantu menanam padi di sawah.

Hal tersebut dilakukan oleh Peltu Ahmad Ajier membantu Bapak Sukri petani di Desa Sarang Lang Kecamatan Pemulutan Barat Ogan Ilir. Peltu Ahmad Ajier menjelaskan saat bantun tanam padi jenis ciherang di atas lahan seluas kurang lebih 0,3 hektare, Tim Satgas TMMD ke-108 Kodim 0402/OKI selain mengerjakan pembuatan jalan penghubung antara Desa Sarang Lang dengan desa Pulau Negara, disela-sela waktunya juga menyempatkan untuk membantu warga yang bertani. “Kegiatan yang dilakukan bersama warga dalam rangka mendukung program Swasembada pangan dari pemerintah,” jelas Ahmad Ajier disela tanam padi.

Lebih lanjut, Peltu Ahmad Ajier menambahkan bahwa lokasi tanam padi bertepatan dengan lokasi sasaran pembuatan jalan penghubung kedua Desa dalam program TMMD ke-108 TA 2020 Kodim 0402/OKI. “Kami melihat Pak Tani menanam padi sendirian, akhirnya kami langsung bantu warga tanam padi sebagai upaya untuk memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dilokasi TMMD,” imbuhnya.

Tak hanya membantu tanam padi milik warga sekitar lokasi TMMD, pihaknya juga memberikan motivasi kepada warga masyarakat untuk terus meningkatkan semangat bercocok tanam padi guna mantapkan ketahanan pangan.(Amru IBI).

Komentar

News Feed