oleh

Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0402/OKI Ngajar Anak-Anak Mengaji

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Sumsel-Ogan Ilir Rutinitas kegiatan Komandan Satuan Setingkat Kompi (Dan SSK) Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0402/OKI Kapten Inf Mukhtar sangat menginspiratif. Sebab, di sela-sela kesibukannya melaksanakan pengerjaaan program fisik, masih menyempatkan diri memberikan pengajaran baca tulis Al Qur’an kepada anak-anak warga Desa Sarang Lang maupun Desa Pulau Negara Kecamatan Pemulutan Barat Kab. Ogan Ilir tempat lokasi TMMD.

Seperti hari ini, Sabtu 11 Juli 2020 bertempat di rumah Ibu Nuraini Desa Sarang Lang anak-anak berkumpul, pengajian Al Quran itu dilakukan. Di rumah sederhan itu dirinya harus mengamalkan ilmu yang dimilikinya. Ilmu agama yang dimilikinya, kini berguna bagi warga Desa, khsusunya anak-anak. Seperti ilmu cara baca Al Quran yang benar, cara shalat dan thaharoh hingga ilmu tawadhuk atau sopan santun tata krama.

Hal itu dilakoninya sebagai bentuk kewajiban menyampaikan ilmu kepada orang lain. Ilmu yang dimilikinya bisa menjadi ladang amal jariyah tatkala anak itu esok bisa mengamalkan apa yang dia ajarkan. Ladang pahala itu akan mengalir terus, dan sampai tak terhingga. Namapaknya itu yang mendasari dirinya melakukan kegiatan mengajar meski diluar jam perintah Satgas TMMD. “Kita bukan hanya mengejar target fisik harus selesai sampai kapan, melainkan kita juga memikirkan persoalan amal jariyah“, ujar Kapten Inf Mukhtar.

Menurutnya anak-anak sebagian belajar ngaji menggunakan buku Iqro dan juga Al Qur’an, sehingga ada perbedaan bacaan tersendiri. “Sebagian ada yang masih baca Iqro, tapi yang membaca Al-Qur’an kita ajari cara membaca dengan tajwid yang benar, semoga ini bermanfaat bagi mereka,” tandasnya.

Sementara itu, Nuraini (48 tahun) salah satu orang tua anak-anak Desa Sarang Lang mengucapkan terima kasih kepada Satgas TMMD yang bersedia meluangkan waktunya memberikan bekal ilmu agama mengajari anak-anak mengaji. “Terimakasih Pak Tentara yang meluangkan waktunya ngajar mengaji anak-anak kami, semoga bermanfaat”, ungkap Nuraini.(Amru IBI/Sayid IBI)

Komentar

News Feed