Satuan Samapta Polres Ciamis Intensifkan Cek Harga Bahan Pokok Selama Ramadan

JA-BAR302 Dilihat

Investigasi Bhayangkara.com, Polres Ciamis Polda Jabar — Satuan Samapta Polres Ciamis Polda Jawa Barat melakukan pemantauan harga bahan pokok di Pasar Subuh Ciamis, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (28/03/2023).

Pemantauan harga bahan pokok ini dilaksanakan oleh personel Unit Patroli Satuan Samapta Polres Ciamis Polda Jabar. Kegiatan ini dibawah pimpinan AKP Cecep Edi Sulaeman selaku Kasat Samapta Polres Ciamis Polda Jabar.

Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., melalui Kasat Samapta Polres Ciamis Polda Jabar AKP Cecep Edi Sulaeman mengatakan, setiap hari Polres Ciamis Polda Jabar melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Ciamis jelan bulan suci ramadan. Mulai dari Pasar Tradisional maupun Mini Market dan Pasar Modern.

“Kami minta para pengusaha agar tidak melakukan penimbunan terhadap bahan pokok karena. Tak pengusaha, para penjual agar bisa membatasi pembelian setiap konsumen antisipasi adanya penimbunan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Ini juga sebagai deteksi dini pencegahan inflasi di wilayah Kabupaten Ciamis, sehingga saat terjadi kelangkaan dan kenaikan harga bisa segera diambil tindakan berupa menggelar Operasi Pasar,” kata dia.

Kasat Samapat Polres Ciamis Polda Jabar menuturkan, hasil pemantauan yang dilakukan anggota di Pasar Manis Ciamis ada kenaikan berbagai harga bahan pokok terkait kenaikan harga BBM bersubsidi. Namun untuk ketersediaan bahan pokok masih aman di pasaran.

Sebagai informasi, harga kebutuhan bahan pokok per 28 Maret 2023 sebagai beriku:

  1. Beras premium Rp. 13.000 /Kg.
  2. Daging ayam Rp.35.000/kg.
  3. Daging Sapi Rp.140.000/kg.
  4. Gula Pasir Rp.14.500/Kg.
  5. Minyak Goreng Rp.17.000/kg.
  6. Telur ayam negeri Rp. 30.000 /Kg.
  7. Tepung Rp. 11.000/Kg.

Terdapat sejumlah komoditi yang mengalami kenaikan dan penurunan harga. Yaitu daging ayam sebelumnya pada Minggu (26/3) diangka Rp.38 ribu, sekarang turun Rp.38 ribu per kilogram. Sedangkan daging sapi sekarang kenaikan harga sebesar Rp.5.000 menjadi Rp.140 ribu per kilogram. (Jalak)

Sumber : HUMAS POLRES CIAMIS

Komentar