Sebanyak 500 Personel Polresta Ikuti Rikkes Berkala Semester I TA.2023

Papua623 Dilihat


Investigasi Bhayangkara Indonesia com
Polresta Jayapura Kota,- Sebanyak 544 personel Polresta Jayapura Kota dan jajaran mengikuti pelaksanaan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) berkala semester I TA.2023.

Hal tersebut diungkapkan Kasi Dokkes Polresta Jayapura Kota AKP Z. Azhari, A.Mk., S.H saat ditemui di Mapolresta, Sabtu (11/3) siang.

Kasi Dokkes Polresta ini mengatakan, pelaksanaan rikkes berkala yang dilaksanakannya berjalan selama 5 hari mulai dari tanggal 6-10 Maret 2023, dimana 2 hari pertama digelarnya di Aula Mapolresta dan sisanya dilaksanakan di Polsek-polsek jajaran Polresta Jayapura Kota.

AKP Azhari menuturkan, rikkes yang dilaksanakan merupakan giat rutin pihaknya selaku fungsi pembinaan kesehatan guna mengetahui keadaan fisik setiap personel yang ada di jajaran Polresta.

“Jadi, kami lakukan rikkes berkala ini guna memastikan kondisi fisik setiap personel, disamping itu juga untuk mendukung personel yang hendak melengkapi persyaratan pengembangan karier atau pendidikan, tapi yang terutama ya tadi, menjamin kesehatan personel Polri untuk mengetahui pasti kondisi fisiknya,” ujar AKP Azhari.

Lebih lanjut kata AKP Azhari, item pemeriksaan yang dilakukan diantaranya yakni, Riksa Lab (darah & urine), Rekam Jantung (EKG), Riksa Fisik berupa Tensi Darah, Tinggi dan Berat Badan serta Pemeriksaan Mata, Gigi hingga Radiologi.

“Ada juga pemeriksaan darah dan urine yang dilakukan guna memastikan setiap personel terhindar dari penyalahgunaan narkoba, asam urat maupun kolesterol, dan sejauh ini Alhamdulillah semua hasilnya negatif sebagai pengguna narkoba,” tegas Kasi Dokkes.

Lanjutnya, pelaksanaan rikkes juga merupakan wujud pelayanan kepada setiap personel Polri yang kesehariannya melaksanakan tugas melayani masyarakat, sehingga kadang tidak memperhatikan kondisi kesehatannya. “Untuk itu juga kami gelar pemeriksaan kesehatan ini,” pungkas Kasi Dokkes.

Pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan Berkala Semester I TA.2023 Polresta Jayapura Kota diselenggarakan oleh Sidokkes Polresta bekerjasama dengan Bid Dokkes Polda Papua dan Klinik ASA Jayapura.(*)

Penulis : Subhan