Sekda Kota Bogor Apresiasi Program IUWASH Plus Yang Mampu Merubah Prilaku Warga

JA-BAR230 Dilihat

KOTA BOGOR, INVESTIGASI BHAYANGKARA INDONESIA.COM, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengapresiasi Kepada pihak Indonesia Urban Water Sanitation And Hygiene (IUWASH) Plus dan tim monitoring Evaluasi (monev) yang telah melakukan Pendampingan hingga mampu merubah Perilaku warga menjadi hidup lebih bersih Dengan membangun sanitasi yang layak.

Disampaikan saat pertemuan Multipihak Kujang Geulis Miluan Kalanggengan Pangwangunan Kasehatan Lingkungan (Milangkala) di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Selasa (30/3/2021).

“Pendampingan kini dapat melakukan mulai dari Pemetaan identifikasi lingkungan, hingga dapat Membuat perencanaan kerja, agar penyuluhan Yang kerap kali di lakukan untuk masyarakat, Dapat mampu merubah perilaku, “kata dia

“Segala upaya yang dilakukan semua Merupakan pekerjaan yang luar biasa. Memerlukan energi, biaya dan pengorbanan Yang akan dikeluarkan cukup besar, “sebut Syarifah.

Pencapaian yang dilakukan tim monev, “ucap Sekda, dalam anggotan yang terdiri dari para Ibu rumah tangga, di samping menjalankan Tugas mengurus rumah tangga, tim monev juga Menunjukkan kepedulian untuk memperbaiki Lingkungan dan juga membangun kesadaran Yang amat besar.

Ia berharap tim monev yang sudah terbentuk Tidak dibubarkan. Semua perjuangan dan Pengorbanan yang telah dilakukan tim monev Harus diikuti, di teruskan dan di tindaklanjuti, Khususnya dari Kelompok Kerja (Pokja) Sanitasi.

“Semua produk-produk yang telah dihasilkan Tim monev akan dijadikan pedoman dan acuan Bagi tim sanitasi, agar bisa direplikasi di daerah Lain atau bahan masukan bagi Kota Bogor, Sangat diperlukan sehingga kedepan bisa Menjadi sebuah aset, “tandas dia

Ke depan ada lima kelurahan yang akan Dijadikan percontohan dalam program Kampanye perilaku hidup sehat dan protokol Kesehatan, yakni Babakan Pasar, Tanah Sareal, Sempur, Kedung Badak dan Kayu Manis. Selain Itu juga ada program pengelolaan sampah dan Limbah.

Menurut dia, kolaborasi tim monev dengan Pemerintah ke depan harus terus berjalan untuk Menindaklanjuti apa yang telah dihasilkan. Selain itu dibutuhkan dukungan penuh dari Semua pihak, khususnya dari kelurahan dalam Menyelesaikan permasalahan air dan sanitasi di Kota Bogor agar mampu mencapai target yang Maksimal.

Selain Sekda Kota Bogor pihak lainpun yang Mengikuti secara virtual, turut hadir secara Virtual, mulai dari perwakilan IUWASH Plus, Bill Parente dan Ketua Forum Kota Sehat Kota Bogor, Abdul Karim. (WMyuda)

Komentar