Senin Ratusan Masyarakat Bakan Gelar Aksi Demo

Berita Hari Ini149 Dilihat

Investigasibhayangkara.com, Bolmong – Aliansi Masyarakat Desa Bakan (AMDB) Kecamata Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), akan menggelar aksi demo menuntut keadilan terkait permasalahan tambang di desa mereka.

Kordinator Aksi Irawan Damopolii mengatakan, aksi demo bakal berlangsung mulai dari Kantor Bupati dan selanjutnya menuji gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Surat pemberitahun untk aksi demo sudah dilayang kan ke polres bolmong dan polres kotamobagu, dan akan melibatkan ratusan masyarakat yang mata pencarian mereka yakni menambang,” ujar Irawan, kemarin.

Dalam tuntutan aksi demo yaitu, meminta keadilan menyangkut tambang di Desa Bakan untuk segera dibuka kembali.

“Kami menuntut tambang di desa kami segera dibuka kembali, karena masyarakat Desa Bakan 99 persen mata pencarian sebagai penambang, disitu mereka menggantungkan hidup untuk menafkahi anak dan istrinya,” katanya.

Lanjutnya, pihak pemerintah harus mengambil keputusan dengan melihat kondisi masyarakat.

“Intinya jangan melarang hak hidup dan hak untuk mendapatkan sumber penghidupan di atas lahan kami,” tegasnyan.

Jika aksi demo yang dilakukan AMDB tidak ada tindak lanjut, maka mereka akan kembali menggelar aksi demo dengan membawa massa lebih banyak.

“Jika aspirasi kami sampaikan tidak ditindak lanjuti oleh Pemkab Bolmong dan DPRD, kami berjanji akan kembali datang dengan jumlah massa yang banyak,” tukasnya.(eby)

Komentar