oleh

Sepakat Kajian Kemendagri Penetapan Batas Berau-Bulungan

Investigasi Bhayangkara Indonesia.com.
Berau-Pemerintah Kabupaten Berau menegaskan sepakat dengan hasil kajian Tim Kementerian Dalam Negeri terkait penetapan batas wilayah antara Kabupaten Berau dengan Kabupaten Bulungan. Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Berau, Gamalis, yang mengikuti secara langsung rapat koordinasi (Rakor) pembahasan dan harmonisasi draf permendagri dalam rangka percepatan penegasan segmen batas wilayah II di Jakarta, Kamis (29/4) kemarin.

Acara Rakor yang digelar Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri tersebut juga dihadiri jajaran Pemkab Bulungan, Dan juga dihadiri Pemprov Kaltim dan Pemprov Kaltara.

Dalam rapat rakor tersebut dijelaskan Gamalis masing-masing daerah sepakat untuk tidak bersepakat, karena mempertahankan batas yang telah ditetapkan berdasarkan data data yang dimiliki. Kabupaten Berau telah memiliki data berdasarkan data yang dimiliki, begitu juga dengan bulungan yang memiliki batas wilayahnya. “Dari sini tidak didapatkan kesepakatan antar kedua daerah,” tegasnya.

Hasil Sementara berdasarkan pemaparan yang dilakukan tim kemendagri, telah dihasilkan batas wilayah berdasarkan kajian yang dilakukan. Tim kemendagri mengambil garis tengah dengan kajian berbagai sektor, baik ekonomi, hukum, sosial budaya maupun sektor lainnya. Sehingga kajian ini menjadi alternatif bagi kedua daerah. Pemkab Berau ditegaskan Gamalis menerima apa yabg dipaparkan Tim Kemendagri.

Terlebih penegasan batas wilayah ini telah menjadi perhatian serius pemerintah pusat. “Prinsipnya Pemkab Berau tidak ingin berlama lama soal batas wilayah ini, agar investasi yang berada di kawasan tersebut bisa terlaksana dan bergerak cepat sehingga memberikan dampak ekonomi ke masyarakat disekitarnya. Ini juga sesuai dengan arahan apa yang diingikan Presiden Jokowi agar memperlancar investasi didaerah.

Komentar

News Feed