Suksesnya TMMD Tidak Lepas Dari Program ABRI Masuk Desa Tempoe Dulu

Aceh561 Dilihat

Investigasibhayangkara.com, Aceh – Presiden Soeharto yang mendapat gelar sebagai Bapak Pembangunan Indonesia melalui TAP MPR RI Nomor V/MPR/1983, pada masa jabatan beliau kala itu sekira pada tahun 1980 telah menggagaskan pelaksaan Program ABRI Masuk Desa (AMD).

Melalui Jend. M. Jusuf Program ABRI Masuk Desa diterapkan kepada seluruh prajurit TNI AD untuk segera melaksanakan pekerjaan sosial tersebut.

Perlu diketahu, ABRI Masuk Desa merupakan sebuah kegiatan yang melibatkan peran TNI AD bersama rakyat sebagai dukungan program pemerintah untuk mencapai kehidupan rakyat yang sejahtera melalui pembangunan infrastruktur.

Dalam program ini ABRI dikirim ke daerah pedesaan untuk membantu pembangunan infrastruktur Serta membantu meningkatkan potensi desa, karena desa merupakan sumber penyuplai bahan-bahan baku pangan nasional serta sebagai sumber ketenagakerjaan.

Bentuk keserasian TNI dengan Rakyat ketika itu bersama-sama beraksi secara bergotong-royong, terbukti karya cipta TNI melalui program ABRI Masuk Desa mampu menjangkau pembangunan seluruh wilayah pedesaan hingga ke Pelosok Nusantara.

Program ABRI Masuk Desa sudah bergulir sejak tahun 1978 dan saat ini berganti nama Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan program ini terus berlanjut hingga sekarang.

TMMD Bukan Hanya Sebuah Program Tapi Adalah Pahlawan Pembangunan Bagi Masyarakat Seumadam Dan Rimba Sawang

Dari awal kehadiran Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Regional Ke-108 Kodim 0117/Aceh Tamiang menjadi sejuta perhatian bagi masyarakat desa semadam dan desa rimba sawang.

Untuk mewujudkan harapan masyarakat desa yang tertinggal,
Kini tiba saatnya Tentara Manunggal Membangun Desa penuhi panggilan tugas mulia secara ikhlas serahkan jiwa raga berbakti kepada Nusa dan Bangsa.

Konsep Pembangunan Infrastuktur desa Seumadam – Rimba Sawang menjadi sasaran target yang paling utama. Sentuhan tangan besi otot kawat dari Satuan Tugas TMMD dan didukung dengan tenaga masyarakat mulai melirik pembanguna dari membangun Jalan Kampung, Membangun Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Rehab Jembatan, membangun talut penahan longsor, mengecat masjid, serta membangun gorong-gorong.

Dibawah komando Letkol Infantri Deki Rayusyah Putra S. Sos, MI, Pol Dandim 0117/Atam program TMMD seumadam – rimba sawang satu-persatu mulai dikerjakan.

Kegiatan Sosial TMMD reg 108 Kodim 0117/Atam di awali dengan pembangunan Rumah Tdak Layak Huni (RLTH) Sahminan

○Sahminan seorang pria berusia 48 thn tinggal digubuk reot, Program TMMD Reguler 108 Kodim 0117/Atam telah wujudkan mimpi Sahminan miliki rumah layak huni.

Kemudian TMMD Reguler ke-108 Kodim 0117/Atam Pembangunan Akses Jalan Baru

○Alat Berat yang diterjunkan ke lokasi TMMD Reguler ke-108 Kodim 0117/Atam dengan perlahan bergerak meratakan tanah untuk membuka jalan Desa Seumadam – Desa Rimba Sawang Kec. Kejuruhan Muda, Kab. Aceh Tamiang

Membangun Infrastruktur Stabilisasi Lereng Bukit

○TMMD Reguler Ke- 108 Kodim 0117/Aceh Tamiang memperkuat badan jalan pekerjahan infrastruktur stabilisasi lereng bukit Seumadam – Rimba Sawang Kec. Kejuruhan Muda dan Kec. Trenggulun, Kab. Aceh Tamiang.

Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RLTH) – 2 Milik Buhari Muslim

○Rumah Tidak layak Huni milik warga Desa Rimba Sawang RTLH 2 Yang Dibangun TNI AD Melalui program TMMD Reguler Ke-108 Kodim 0117/Atam bertempat di Desa. Rimba Sawang, Kec. Trenggulun, Kab. Aceh Tamiang.

○Buhari Muslim umur 38 thn tinggal bersama Istri dan mempunyai 3 orang Anak di gubuk Reot Selama 4 Tahun, kondisinya memprihatinkan, hal itu dikemukakan Babinsa Kopda Idrus Koramil 07/Kjm Kodim 0117/Atam. Kopda Idrus Yang telah mensurvei Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang akan direhab Tentara Manunggal Membangun Desa bersama Datok dan warga di Dusun Tanjung Periuk.

Perawatan Jembatan TMMD Reg 108 Kodim 0117/Atam

Proses perawatan jembatan seperti ini dilakukan di 3 titik ruas jalan yang menjadi lokasi sasaran fisik dalam TMMD Reg Ke -108 Kodim 0117/Atam. Bertempat di Desa. Seumadam, Kec. Kejuruhan Muda dan Desa. Rimba Sawang, Kec. Trenggulun, Kab. Aceh Tamiang.

Pantauan di lokasi saat ini perawatan jembatan yang berada pada titik 200 meter, titik 2400 meter dan 3.100 meter tampak sudah diperbaiki.

Kegiatan TMMD Pengecatan Masjid

Sarana rumah ibadah, Satuan Tugas TMMD Reg Ke – 108 Kodim 0117/Atam melaksanakan pengecatan di dua tempat ibadah di lokasi kegiatan TMMD seumadam – rimba sawang.

TMMD bangun Gorong-gorong Jalan Lintas Antara Desa Seumadam – Rimba Sawang

○Dalam kegiatan fisik di TMMD Sasaran pembuatan gorong-gorong yang sudah kerjakan Bertempat di Desa Seumadam, Kec. Kejuruhan Muda, Kab. Aceh Tamiang.

TMMD Reg 108 Kodim 0117/Atam Membuat Kolam Lele

○Pemberdayaan potensi masyarakat dengan membuat Kolam dari terpal untuk budidaya Ikan lele, di Dusun Sejahtera, Desa. Seumadam, Kec. Kejuruhan Muda, Kab. Aceh Tamiang.

○Berlokasi di tanah milik Pak Rusli Efendi (Pok Ternak Bersama) di pekarangan rumahnya yang di ketuain oleh saudara Samsul Bahri dengan memanfaatkan lahan kosong bersama warga membuat kolam dari pagar kayu keliling dan tengahnya di pasang terpal plastik ukuran 2X3, dengan kapsitas isi kolam 1000 ekor.

Program Non Fisik TMMD Reg ke – 108 Kodim 0117/Atam Sosialisasi Penyuluhan Pertanian

○Sosialisasi penyuluhan Pertanian, program non fisik Dalam Rangka TMMD Ke -108 Reguler Di Wilayah Kodim 0117/Atam bertempat di lokasi posko TMMD Desa. Seumadam, Kec. Kejuruhan Muda, Kab. Aceh Tamiang.

Masih dalam rangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0117/Atam kembali mengundang Penyuluhan Dinas Pertanian Thony Fajar Kurniawansyah Putra, S. pt. memberikan ilmunya kepada warga yang hadir melalui giat penyuluhan.

Perehapan Jembatan Rusak Rimba Sawang Sebagai Kegiatan Over Prestasi TMMD Reg Ke – 108 Kodim 0117/Atam

Over Prestasi Perehapan Jembatan yang berada di jalan lintas antara seumadam – rimba sawang juga mendapatkan perhatian. Dengan kondisi jembatan yang rusak sering terjadi insiden kecelakaan.

Hingga berakhirnya program TMMD Reg ke-108 2020 Kodim 0117/Atam. Semoga semua yang dilakukan dari program TMMD ini dapat dinikmati oleh seluruh elemen masyarakat kampung seumadam – rimba sawang.

Seluruh masyarakat setempat sangat bahagia dan anak-anak pun ikut bergembira merasakan sentuhan pembangunan kampung mereka.

Rasa syukut tak terhenti terucapkan dari mulut masyarakat sembari terharu mangucapkan kata penghormatan kepada para Pahlawan Pembangunan Indonesia, “Terimakasih TMMD Regional Ke – 108 Kodim 0117/Aceh Tamiang”.

Penulis : Andri Septarianja

Komentar