Syukuran Di Hari Jadi Polwan Ke 72 Tahun, Kapolda Kalbar Ingatkan Keseimbangan Kewajiban Kedinasan Dan Kodrat Sebagai Wanita

KAL-BAR402 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia, com. PONTIANAK, KALBAR – 1 September merupakan hari jadi bagi Polisi Wanita (Polwan) di jajaran Republik Indonesia. Tepat pada tahun 2020 ini, Polwan memasuki usia ke 72 tahun.

Polda Kalimantan Barat turut menggelar acara syukuran yang di hadiri langsung oleh Kapolda Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto S.H.,M.Si pada Selasa 1 September 2020 bertempat di Ruang Graha Khatulistiwa Polda Kalbar.

“Saat ini Polisi Wanita (Polwan) di Polda Kalbar dan jajaran berjumlah 591 personel. 16 persen dari jumlah total keseluruhan. Yang memiliki tugas dan tanggung jawab sama dan setara seperti personel Polisi laki laki.” ungkap Kapolda Kalbar dalam sambutannya pada acara syukuran.

Kapolda Kalbar mengingatkan, agar para Polwan selalu menjunjung harkat dan martabat kewanitaan sesuai dengan norma normal yang berlaku.

Ia juga mengatakan agar jajaran Polwan di Polda Kalbar dapat selalu mengembangkan diri dan meningkatkan terus kemampuan melalui pendidikan kedinasan maupun pendidikan umum untuk meraih kesemparan karir yang diberikan oleh institusi Polri. Namun tidak lupa dengan kewajiban kodrat wanita sebagai wanita dalam rumah tanggan dan lingkungan masyarakat.

“Laksanakan manajamen diri yang baik, sehingga terwujud keseimbangan antara kedinasan dan tanggung jawab kodrat sebagai wanita rumah tangga serta lingkungan masyarakat” tambahnya.

Pada kesempatan ini, Kapolda Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto juga berpesan agar Polwan khususnya di Polda Kalbar dapat menghindari perbuatan atau sikap yang dapat menurunkan citra baik Polri.

“Hindari prilaku, perbuatan atau sikap yang dapat memberikan penilaian yang negativ. Misalnya menampilkan foto ataupun video yang melanggar nilai kesusilaan. Serta hindari gaya hidup hedonisme. Terutama di media sosial” tutur Kapolda.

“Tingkatkan kekompakan agar meminimalisir terjadinya kesalahan. Kembangkan pola saling asah, asih dan asuh antar Polwan. Sehingga terbangun kekompakan dan solid” tambahnya.

Terakhir sebelum menutup arahanya, Kapolda Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto juga menyampaikan agar Polwan dapat selalu berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Pada acara syukuran memperingati Hari jadi Polwan yang ke 72 juga di hadiri Ibu Asuh Polwan Polda Kalbar Nunuk Sigid Tri Hardjanto. Polda Kalbar juga turut mengundang perwakilan Wanita TNI seperi Kowad dan Kowal.

Laporan : RizaL Z
Sumber : Humas Polda Kalbar

Komentar