oleh

Terkait Corona, Hj. Mariani Harahap Minta Kader PKK Berperan Aktif Mengedukasi Masyarakat

-Daerah-10 views

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Subulussalam – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Subulussalam, Hj. Mariani Harahap, S.E., meminta kepada seluruh anggota PKK kecamatan dan desa berperan aktif memberikan edukasi terhadap keluarga menjaga kebersihan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 atau virus corona.

Hal itu disampaikan Hj. Mariani Harahap di sela-sela acara pelantikan pengurus PKK Penanggalan dan PKK Longkib, Senin, 16 Maret 2020. Ia meminta keluarga sebagai garda terdepan dalam penanganan virus corona melalui pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Mantan Wakil Ketua I DPRK periode 2014-2019 ini menerangkan bahwa wabah virus Corona yang sekarang ini tengah menggemparkan dunia diindikasi telah masuk ke Indonesia. Peran PKK dalam memberikan edukasi terhadap keluarga sangatlah penting untuk menghadapi masalah ini.

“Mari kita menjaga kebersihan, rajin cuci tangan, menghindari kontak fisik, kita harus mengantisipasi dengan penuh kehati-hatian dan kewaspadaan,” ungkap Bu Hajjah panggilan akrabnya.

Menurutnya, PKK menjadi salah satu instrumen pencegahan wabah virus ini karena PKK adalah kelompok yang sangat dekat dengan keluarga dan masyarakat sehingga mampu melakukan sosialisasi secara intensif.

“Setiap pimpinan dan kader PKK baik tingkat kecamatan dan desa harus menularkan semangat optimisme untuk mensosialisasikan hidup sehat,” jelasnya.

Hj. Mariani juga mengimbau kepada seluruh kader PKK hindari berita hoaks, dan sosialisasikan polah hidup bersih dan sehat agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk virus corona.

“PHBS bisa dilakukan dalam pencegahan virus corona yaitu dengan membiasakan diri dengan cuci tangan pakai sabun pada air mengalir,” ungkap Mariani Harahap.

Himbauan ini juga sekaligus menindaklnjuti intruksi Plt Ketua TP PKK Aceh, Diyah Erti Idawati tentang pencegahan dan penanganan virus corona di Aceh, bahwa PKK merupakan ujung tombak dalam menjaga dan melindungi keluarga, termasuk melindungi dari ancaman penyebaran virus corona.

PKK diminta aktif mensosialisasikan tata cara pencegahan covid-19 kepada masyarakat, disampaikan melalui media sosial (medsos) seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, telegram dan sebagainya, atau melalui radio, poster dan via mobil keliling.

Selama masa libur sekolah, setiap keluarga diminta tetap berada di rumah dan menghindari tempat keramaian seperti pasar, pusat perbelanjaan dan pertemuan-pertemuan lainnya, guna mencegah penyebaran virus corona.  ( Laporan Korwil Aceh – Baharuddin Berutu )

 

Komentar

News Feed