TIM GABUNGAN EVAKUASI BADAN PESAWAT PESAWAT MAF PK MEC YANG JATUH DI KAWASAN DANAU SENTANI

Papua381 Dilihat

Investigasibbayangkara.com, Jayapura – Pada hari Rabu tanggal 20 Mei 2020 pukul 06.58 Wit bertempat di Kawasan Danau Kampung Yoboi distrik Sentani Kabupaten Jayapura telah dilakukan Proses Evakuasi Badan Pesawat MAF PK MEC yang jatuh di Kawasan Danau Sentani pada tanggal 12 Mei 2020.

Hadir dalam kegiatan yakni Kasubag Dal Ops Bag Ops Polres Jayapura, Iptu Sandry Hutabarat,
Ka Markas Unit Danau Sentani Dit Polair Polda Papua, IPTU Djiwanto, Kasat Polair Polres Jayapura, IPTU Gustam Pare, Kepala Mekanik MAF, Mr. Matt, Tim Evakuasi Di dalam Air 14 orang WNA Crew MAFF, Personil Markas Unit Danau Sentani Dit Polair Polda Papua, Personil Polres Jayapura, Pihak KNKT NTSC, Karyawan Maf sekitar 30 orang, Ondofolo Sereh, Yanto Eluay dan 80 orang Masyarakat seputaran Danau Senani (Yoboi, Abar, Putali, Hobong, Ifale dan Ifar Besar).

Rangkaian kegiatan:
Pukul 05.30 Wit, persiapan awal dari pihak MAF telah tiba di Markas Unit Danau Sentani Dit Polair Polda Papua. Pukul 06.41 Wit, apel pengecekan personil Pengamanan dari Polres Jayapura dan Dit Polair Polda Papua yang dipimpin oleh Padal Pam Kasubag Dal Ops Bag Ops Polres Jayapura, IPTU Sandry Hutabarat.

Pukul 06.46 Wit, Perwira pengendali Pam Kasubag Dal Ops Bag Ops Polres Jayapura, IPTU Sandry Hutabarat melakukan koordinasi dengan Kepala Mekanik MAF, Mr. Matt terkait teknis evakuasi.

Pukul 06.58 Wit Pihak MAF bergerak menggunakan 3 Unit Speedboat dan 1 unit Tongkang yang membawa drum kosong beserta peralatan evakuasi dikawal oleh personil Pengamanan yang juga menggunakan 3 unit Speedboat menuju ke TKP.

Pukul 07.06 Wit pihak MAF dan personil Pam tiba di TKP jatuhnya pesawat MAF PK MEC dikawasan Danau Kampung Yoboi. Pukul 07.11 Wit Persiapan evakuasi, tim penyelam mempersiapkan diri. Pukul 07.13 Wit, proses evakuasi dimulai dengan 4 orang tim penyelam masuk ke dalam Danau. Pukul 08.28 Wit, Sayap pesawat mulai terlihat diatas permukaan air.

Pukul 09.17 Wit, Tim melakukan evakuasi barang – barang yang berada didalam badan pesawat. Antara lain berupa Minyak Goreng ukuran 5 Liter dan 2 Liter. Pukul 10.45 Wit, Bagian ekor pesawat berhasil naik ke permukaan air.

Pukul 10.55 Wit, Tim evakuasi melakukan pengikat terhadap badan pesawat dikaitkan dengan 12 drum sebagai pelampung. Pukul 11.27 Wit pengikatan selesai, selanjutnya badan pesawat ditarik menggunakan perahu Johnson dengan dikawal oleh Personil Pengamanan dari Polres Jayapura dan Unit Danau Sentani Dit Polair Polda Papua.

Pukul 12.32 Wit, Sesampainnya di Kawasan Danau Kampung Hobong, badan pesawat sempat tidak bergerak, setelah di cek ada drum yang kemasukan air. Pukul 13.45 Wit, Badan Pesawat MAF PK MEC tiba di Kawasan Danau dekat Kompleks Jembatan Kuning Kampung Ifar Besar Sentani, kemudian dilakukan evakuasi dengan menggunakan tongkang kayu dikarenakan akan memasuki kawasan Danau yang dangkal.

Pukul 14.46 Wit, Proses evakuasi badan Pesawat dengan cara ditarik menggunakan tali tambang. Pukul 15.19 Wit, Proses evakuasi badan Pesawat dengan cara ditarik menggunakan alat berat Exavator. Pukul 16.09 Wit, Pesawat MAF PK MEC berhasil dievakuasi dari permukaan air.

Pukul 18.04 Wit, badan pesawat MAF PK MEC dibawa menuju Kantor Yajasi dengan pengawalan dari Sat Lantas dan Sat Sabhara Polres Jayapura. Pukul 18.32 Wit, badan pesawat MAF PK MEC tiba di Kantor Yajasi dalam keadaan aman dan kondusif.

Jayapura, 21 Mei 2020

Komentar