TIM GABUNGAN TNI/POLRI DAN BASARNAS SERTA PIHAK HELY TEMUKAN LOKASI PENDARATAN DARURAT HELY PK USS MILIK PT. NUH (NASIONAL ULTILITY HELICOPTER)

Papua231 Dilihat


Investigasi Bhayangkara Indonesia, com.
Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 18 September 2020 pukul 08.27 Wit, tim gabungan TNI/Polri serta Basarnas dan pihak Hely melakukan pencarian hilangnya Hely PK USS milik PT NUH (Nasional Ultility Helicopter).

Uraian pencarian:
Pada pukul 08.27 Wit, pesawat Hely dari PT. Intan Angkasa Air Services registrasi PK-IWV take off dari Bandara Enarotali dengan misi Pemetaan Lokasi hilangnya Heli milik PT. NUH registrasi PK-USS di Baya Biru Area.

Berdasarkan data dari pengamatan Heli PK-IWV ditemukan Hely PK-USS pada Coordinat S 03° 34.220′ dan E 136° 09.623′ posisi Crashed into rugged stream in basin (di cekungan aliran sungai), Roughly 4700 fts, Rugged terrain, no area to land. Selain itu, terlihat Crew memberikan tanda-tanda permintaan pertolongan dengan menggunakan lambaian menggunakan kain merah.

Pukul 09.39 Wit, Heli PK-IWV kembali ke Enarotali untuk melaporkan hasil temuan. Diketahui Hely PK USS mengalami Pendaratan Darurat pada Coordinat S 03° 34.220′ dan E 136° 09.623′ posisi Crashed into rugged stream in basin (di cekungan aliran sungai).

Identitas crew Pesawat Heli PK-IWV

  1. Capt. Philip Bell (Pilot)
  2. amil Soleh (Engineer)
  3. Prada Freddy(Paskhas AU)
  4. Kopda Derris (Paskhas AU)

Perlu diketahui bahwa kejadian ini berawal pada hari Kamis tanggal 17 September 2020 sekitar pukul 10.30 Wit, Hely PK USS milik PT. NUH (Nasional Ultility Helicopter) dari Kilometer 100 hendak menuju 99 Kampung Ndeotadi Kabupaten Paniai dengan membawa bahan makanan, dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam.

Pukul 10.57 Wit, Hely PK USS milik PT. NUH (Nasional Ultility Helicopter) hilang kontak dengan posisi terakhir berada di koordinat 3:33.3 S,136:9.28 E at last report.

Pukul 15.35 Wit, tim gabungan TNI/Polri, Basarnas serta pihak Hely melakukan pencarian dengan menggunakan Pesawat Caravan SNK Tipe C 208 di titik koordinat.

Pukul 16.00 Wit, Upaya Pencarian terus dilakukan dengan berputar disekitar lokasi kejadian. Karena cuaca yang tidak bersahabat dimana awan tebal menyelimuti daerah tebing dan hari mulai gelap sehingga pencarian dihentikan.

Identitas Crew Hely PK USS:

  1. Capt. Nawalaga;
  2. Capt. Erik Kurniawan;
  3. M. Aswar Jamal (crew).

Langkah-langkah kepolisian:
menerima laporan, melakukan koordinasi dengan pihak terkait, melakukan upaya evakuasi para korban yang diduga masih selamat.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan, saat ini tim yang dibagi menjadi 2 tim baik dari Nabire maupun dari Enarotali telah berangkat menuju titik lokasi penemuan jatuhnya Hely PK USS milik PT. NUH (Nasional Ultility Helicopter).

Jayapura, 18 September 2020

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua,

Komentar