oleh

Tim Korlantas Polri Kunjungi Polresta Laksanakan Giat RSPA dan Anev Kinerja Online

-Papua-0 views


Investigasi Bhayangkara Indonesia com
Polresta Jayapura Kota,- Bertempat di Aula Mapolresta Jayapura Kota, telah dilaksanakan Kegiatan Road Safety Partnership Actipn (RSPA) dan Anev Kinerja Online oleh Tim dari Korlantas Polri, Kamis (2/11) Siang.

Hadir sebagai Ketua Tim dari Korlantas Polri yakni KBP Ivan Adhityas Nugraha, S.IK.,M.Si dengan didampingi Tim Ahli dari Universitas Indonesia bersama Staf Koorlantas Polri dengan disambut langsung Kapolresta Jayapura Kota KBP Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK., M.Pd.

Turut hadir Kasat Lantas Polresta Jayapura Kota AKP Pillomina Ida Waymramra, S.E., S.IK beserta Staf, Perwakilan dari Jasa Raharja, Dinas Perhubungan Kota Jayapura, Bappeda Kota Jayapura, dan Dinas Kesehatan Kota Jayapura.

Dalam sambutannya, Kapolresta Jayapura Kota mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai program Road Safety Partnership Action di Mapolresta Jayapura Kota. Polresta Jayapura Kota memiliki luas wilayah hukum sekitar 940 km2 yang terdiri dari enam Polsek diantaranya Polsek Jayapura Utara, Polsek Jayapura Selatan, Polsek Abepura, Polsek Heram, Polsek KP3 Laut dan Polsek Muara Tami serta 1 Polsubsektor yaitu Polsubsektor Skouw-Wutung yang berbatasan dengan Perbatasan RI-PNG.

“Seperti yang kita ketahui kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu faktor penyebab bertambahnya angka kematian dari hari ke hari. Oleh sebab itu, dengan adanya program road safety ini tentunya akan meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,” imbuhnya.

Ia pun menuturkan, adanya Peraturan Pemerintah no. 37 tahun 2017 tentang keselamatan berlalu lintas yang juga sebagai penjabaran aksi road safety yang mengkategorikan menjadi 5 pilar yaitu Manajemen keselamatan lalu lintas, Jalan berkeselamatan, Kendaraan yang berkeselamatan, Pengguna lalu lintas yang berkeselamatan
dan Penanganan pasca kecelakaan lalu lintas.

“Polri dalam menangani lalu lintas berfungsi sebagai koordinator pemangku kepentingan, berupaya untuk membangun sistem yang sinergi dalam mengimplementasikan amanat UU LLAJ melalui program RSPA. Program RSPA mencakup program edukasi, pembangunan infrastruktur dan system pendukung, program uji sim yang didukung dengan pencatatan perilaku berlalu lintas dan system penegakan hukum untuk penindakan pelanggaran yang menuju E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement).
Oleh sebab itu, dengan adanya Road Safety Partnership Action (RSPA) yang merupakan program unggulan dari Korlantas dalam mengurangi angka fatalitas kecelakaan lalu lintas yang mana Polri bekerja sama dengan pihak-pihak terkait diharapkan mampu mencapai tujuan yang diinginkan yaitu menekan angka fatalitas dalam kecelakaan lalu lintas, Sehingga hal ini tentunya dapat memacu kami untuk memperbaiki serta meningkatkan inovasi pelayanan kami kepada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan keselamatan berlalu lintas,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Tim dari Korlantas Polri KBP Ivan Adhityas Nugraha, S.IK.,M.Si, menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakannya dari tim mabes Polri beserta tim ahli ke sini adalah yang pertama untuk penilaian yaitu Road Safety Partnership Action dan yang kedua adalah untuk penilaian evaluasi kinerja online khususnya untuk pelayanan publik di bidang lalu lintas.

“Untuk selanjutnya apa yang telah disampaikan oleh bapak Kapolresta mengenai Road Safety Partnership Action ini gunanya ada 4 hal kenapa RSPA ada dan salah satunya yang saya sebutkan adalah untuk meningkatkan kualitas keselamatan selanjutnya juga dengan adanya angka kecelakaan yang sangat tinggi akhir-akhir ini angka kecelakaan di jalan raya korban dan tingkat fatal nya sangat tinggi sehingga bagaimana caranya untuk menurunkan angka fatal ini,” pungkasnya.

Selanjutnya juga untuk membangun budaya tertib berlalu lintas dan yang terakhir adalah memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. khususnya ini tidak bisa dilakukan sendiri atau polri itu sendiri tetapi harus bersama-sama dengan stakeholder yang ada pemangku-pemangku di bidang lal

News Feed