Tingkatkan Kemampuan PAM Swakarsa, Satuan Binmas Polres MBD Gelar Pelatihan Keterampilan Satuan Pengamanan.

Maluku259 Dilihat

Polres Maluku Barat Daya – Dalam rangka mewujudkan terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranya perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, Polri mengupayakan untuk melibatkan dan meningkatkan potensi pengamanan swakarsa guna membantu tugas-tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Terkait dengan hal tersebut Satuan Binmas Polres Maluku Barat Daya menggelar Pembinaan dan Pelatihan Satuan Pengamanan PT. PLN ULP Moa yang berlokasi di halaman Kantor PLN Moa pada Sabtu pagi (15/07/2023).

Kegiatan pembinaan dan pelatihan Satuan Pengamanan dibuka secara resmi oleh Waka Polres Maluku Barat Daya Kompol Djesy Batara S.Sos dengan mengikut sertakan Kasat Binmas Iptu Efraim Rangkoly, S.Sos, KBO Iptu Jefrianus Solemede serta beberapa personel Satuan Binmas, Supervisor dari PT. PLN ULP Moa sdr. Juan Lase serta anggota Satuan Pengamanan itu sendiri, materi pelatihan yang dilaksanakan meliputi pembinaan dan dilanjutkan dengan baris berbaris, cara penghormatan, senam tongkat, senam borgol dan kerapihan termasuk sikap tampang.

Pada tempat berbeda Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K mengatakan, “ Pelatihan Satuan Pengamanan Swakarsa, Keamanan Lingkungan dan bentuk lain merupakan bentuk pengamanan swakarsa yang bertugas membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia di bidang penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat, terbatas pada lingkungan atau wilayah yang menjadi lingkup tugasnya. “

“ Ini adalah bentuk pelaksanaan tugas Polri yang diberikan wewenang mutlak untuk melakukan pelatihan terhadap Satuan Pengamanan Swakarsa dengan landasan berpijak pada Peraturan Kepolisian Negara RI Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. “ tutur Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menambahkan, “ Pelatihan Satuan Pengamanan Swakarsa yang bertugas pada badan usaha Pemerintah/Swasta dilaksanakan pada 3 fase meliputi : a). Pelatihan Gada Pratama diperuntukkan bagi calon anggota Satpam persorangan, Purnawirawan TNI-Polri golongan Tamtama dan Bintara. b). Pelatihan Gada Madya diperuntukkan bagi calon anggota Satpam Purnawirawan TNI-Polri untuk golongan Pama dan Pamen setingkat Letkol/AKBP. c). Pelatihan Gada Utama diperuntukkan bagi calon anggota Satpam Purnawirawan TNI-Polri untuk golongan Pamen setingkat Kolonel/Kombes sampai dengan Perwira Tinggi. “

Kapolres juga menambahkan, “ Tujuan dilakukannya pelatihan Satuan Pengamanan adalah memperoleh profil Satuan Pengamanan yang profesional dan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik serta adanya peningkatan kemampuan personel Satpam itu sendiri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan Keamanan dan Ketertiban. “

“ Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan dan pembinaan dapat membentuk Satuan Pengamanan yang Profesional, ramah, disegani, humanis dan mempunyai insting serta peduli situasi sekitar tempat tugasnya guna membantu tugas-tugas Kepolisian dalam mewujudkan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban. “ tutup Kapolres MBD.