oleh

TMMD Dengan Inofatif Dan Kreatifitas Gemar Membaca

Investigasi Bhayangkara Indonesia,Brebes–
Suatu Inovatif kreativitas harus dimiliki TNI dalam menjalankan tugas mengabdi pada Negara dan Bangsa tentunya ikut berperan serta melindungi, mengayomi, mensejahterakan, memberikan rasa nyaman dan bersatu pada rakyat disekelilingnya.

Hal ini selalu diwujudkan TNI di seluruh wilayah Indonesia dalam TNI Manunggal Membangun Desa begitu juga yang dilakukan TMMD Reg ke-109 di wilayah Kodim 0713/Brebes tepatnya di lokasi Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah melakukan suatu Inovatif dan kreativitas dengan menumbuhkan minat membaca anak-anak, orang Tua dan seluruh warga Brebes. Kamis (15/10/2020)

Kapendam IV/Diponegoro, Kolonel Kav Susanto, S.I.P., M.A.P. Mengapresiasi yang dilakukan Kodim 0713/Brebes terutama dalam kegiatan yang dilakukan para Babinsa Kodim 0713/Brebes tersebut mengajak warga supaya gemar membaca sangatlah bermanfaat karena mencerdaskan warga sehingga meningkatkan wawasan masyarakat tentang sesuatu yang selama ini tidak didapat. Dengan membaca akan menambah pengetahuan yang belum dimengerti dan bisa mengikuti apa yang terjadi diluar kampungnya.

Mudah-mudahan dengan kegiatan yang dilakukan kepada masyarakat setempat supaya gemar membaca bisa meningkatkan kemampuan masyarakat dalam bidang Sumber daya manusia yang berpengetahuan, berperilaku budi pekerti yang luhur dan nantinya dapat digunakan untuk kemajuan kehidupan masyarakat diwilayah tersebut.

Kapendam juga mencontohkan apa yang dilakukan Pelda Ujang, Ketua Tim Publikasi TMMD Reguler ke-109 Kodim 0713/Brebes, di sela-sela kesibukannya menggali potensi pemberitaan di Kalinusu, Brebes Tim tersebut membagikan koran-koran dan ditinggalkan di warung-warung warga setempat, sebagaimana upaya mendorong warga dan anak-anak untuk gemar membaca.

Peminat membaca Anak-anak dan masyarakat sangat tinggi contoh pada Anak-anak bernama Wisma (9 th) murid kelas 3 SDN Kalinusu 03 (kaos biru) dan juga Zidan (10 th) murid kelas 4 MI Kalinusu yang merupakan anak-anak Dusun Kedung Kandri RT 01, RW 01, Kalinusu, sangat antusias membaca surat kabar di warung di dusun Kalinusu, Brebes tersebut.

“Alhamdulillah, kemauan membaca mereka mulai terlihat. Kita juga akan mendorong pihak desa setempat untuk segera mengadakan perpustakaan desa, guna mewadahi antusias mereka itu,”.

Untuk diketahui, Dusun Kedung Kandri, sebelumnya adalah dusun yang terisolir sehingga banyak anak-anak disana yang putus sekolah. Mereka juga harus menyeberangi Kali Pemali dengan perahu untuk keluar dusun mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ke pasar terdekat yang ada di wilayah kecamatan tetangganya, yaitu Kecamatan Bantarkawung.

Mereka juga harus mengeluarkan ongkos untuk penyeberangan sebesar seribu rupiah per kepala atau Rp. 2 ribu per sepeda kayuh, untuk pulang-pergi ke sekolah. Dan jika Kali Pemali banjir selama beberapa hari, selama itu juga mereka tidak bisa ke sekolah.

Kini dengan adanya jalan TMMD sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter dari dusunnya ke desanya Kalinusu (8-10 menit), diharapkan akan membuat mereka lebih termotivasi untuk minimal lulus SLTA sederajat.

Pungkas Kapendam dalam mengapresiasi adanya kegiatan TMMD Kodim Brebes yang mengajak masyarakat gemar membaca mudah-mudahan kegiatan positif tersebut bisa diikuti oleh para Anggota TNI yang lainnya dan TMMD yang dilaksanakan akan meningkatkan kemakmuran pada masyarakat luas.
(Syailendra)

Komentar

News Feed