TNI-Polri Perkokoh Soliditas dan Sinergitas Melalui Apel Bersama di Makodim 1511 Pulau Moa.

Maluku192 Dilihat

Polres Maluku Barat Daya – Soliditas dan Sinergitas TNI-Polri yang kuat dibarengi dengan kekompakkan sebagai sumber kekuatan strategis dalam rangka menghadapi berbagai tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks dalam menghadapi tahun politik menuju pesta Demokrasi Pemilu tahun 2024.
Terkait hal tersebut Polres Maluku Barat Daya dan Kodim 1511 Pulau Moa menggelar apel sinergitas TNI-Polri bertempat di lapangan apel Kodim 1511 Pulau Moa pukul 08.00 Wit pada Senin pagi (24/07/2023).

Bertindak selaku pimpinan apel Dandim 1511 Pulau Moa Letkol Inf. Galih Perkasa, S.IP dan Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K dengan melibatkan peserta apel Waka Polres MBD Kompol Djesy Batara, Pabung TNI AL Kapten Mar. Ikhwaudin bersama PJU/Perwira gabungan Kodim 1511, Polres MBD dan Kompi 4 Yon C Brimob MBD, Personel Kodim 1511 Pulau Moa, Personel Kompi 4 Yon. C Brimob MBD dan Personel Polres Maluku Barat Daya.

Dalam kesempatan apel Sinergitas TNI-Polri, Dandim 1511 Pulau Moa Letkol Inf. Galih Perkasa, S.IP menekankan, “ Apel sinergitas ini perlu dilaksanakan minimal seminggu sekali secara bergantian guna memupuk kebersamaan kita, dalam menghadapi rangkaian kegiatan pemilu saat ini saya tegaskan bahwa Netralitas adalah harga mati, fungsi kita adalah sebagai penjaga keamanan selama berjalan proses pemilu itu sendiri. “

“ untuk menepis isu-isu ketika orang-orang yang terlibat dalam proses pemilu bersilaturahmi, ada baiknya kita menerima kehadiran mereka sekedar ngopi bareng di kantor kita baik di Mako Kodim, Mako Polres maupun Mako Brimob, hal ini harus dilakukan supaya jangan terjadi isu yang berkembang bahwa kita dimanfaatkan oleh mereka. “ ujar Dandim.

Dandim juga menambahkan, “ Terkait dengan adanya rangkaian Pemilu jelasnya akan dibuat Posko guna memantau situasi dan kondisi, memantau peroleh suara agar kita lakukan secara bersama-sama, saya berharap timbulkan sinergitas kita disitu, jangan dijadikan sebagai saingan tapi kita wajib pupuk kebersamaan antara TNI-Polri maupun KPUD serta Kejaksaan Negeri sendiri dengan saling berkoordinasi dan saling melengkapi karena jika pekerjaan kita baik maka semuanya harus baik. “

Pada kesempatan yang sama Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K dihadapan peserta apel menjelaskan, “ pada kesempatan apel bersama ini saya bersama Dandim 1511 Pulau Moa mengucapkan terimakasih kepada seluruh prajurit TNI-Polri sekalian yang mana sampai dengan saat ini Maluku Barat Daya berada dalam genggaman kita sebagai pengawal NKRI yang berdiri tegak dan tidak terpisahkan, hal ini dapat terlaksana berkat sinergitas, kekompakkan, soliditas serta komunikasi yang selama ini telah kita jalin dengan baik dan benar. “

“ Tahun ini adalah tahun Politik yang mana rangkaian kegiatan pesta Demokrasi bukan hanya dihelat di MBD saja tetapi diseluruh Indonesia, sedianya kita mengawal dan melancarkan pesta demokrasi yang diselenggarakan oleh KPUD maupun Bawaslu, kita amankan dan kita sukseskan serta kita kawal rangkaian pentahapan pemilu yang digelar sampai dengan tanggal 14 Pebruari 2024 yang akan datang. “ tutur Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menambahkan, “ Solid, Kompak, Harmonis dan tidak ada sikut-sikutan itulah salah satu modal awal kita, pondasi kuat kita sehingga tidak akan ada orang ketiga ataupun pihak-pihak yang sekiranya melunturkan sinergitas kita yang tanpa batas ini. Netralitas dan ketidak berpihakan kita akan salah satu kontestan yang berkaitan dengan pesta demokrasi sekali lagi bukan hanya dimimpi, bukan hanya di pikiran akan tetapi itu adalah napas dan jiwa kita yang akan kita laksanakan, aktualisasikan dan kita akan kerjakan secara bersama-sama.

“ Sekali lagi kita harus Netral dan tidak berpihak, Negara tidak membutuhkan kita akan tetapi kita yang membutuhkan Negara, dengan adanya hijau, coklat dan hitam bukan sebagai suatu pembeda atau pembatas tetapi merupakan suatu identitas untuk satu tujuan. ” tutup Kapolres MBD.