Tutup Pelatihan Diksar Satpam Gada Pratama ke 3  Kutai Barat, Dirbinmas Polda Kaltim Kombes Anggie Yulianto Putro : Satpam Pengemban Tugas Polisi Terbatas

Kalimantan Timur106 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Kutai Barat | Satpam adalah ujung tombak perusahaan sebagai aparat keamanan dan ketertiban di lingkungan tugasnya. Selain itu Satpam juga merupakan pengemban fungsi Kepolisian Terbatas dalam rangka penegakan hukum secara preventif di lingkungan tugasnya.

Hal itu ditegaskan  oleh Dir Binmas Polda Kaltim, Kombes Pol Anggie Yulianto Putro SH,. S.I.K., MH.

“Dalam upaya melaksanakan pengamanan di Instansi / Perusahaan, setiap anggota Satpam adalah ujung tombak perusahaan sebagai aparat keamanan dan ketertiban di lingkungan tugasnya,” ucap Kombes Pol Anggie Yulianto Putro, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kasat Binmas Polres Kutai Barat, AKP Abdul Mutholib saat menutup secara resmi kegiatan pelatihan Diksar Satuan Pengamanan (Satpam) Gada Pratama Angkatan ke – 3 Tahun 2022.  Sabtu 15/10/22

Selain itu Satpam juga merupakan pengemban fungsi Kepolisian Terbatas dalam rangka penegakan hukum secara preventif di lingkungan tugasnya, antara lain, mencermati situasi dan kondisi saat ini telah terjadi berbagai kasus atau permasalahan yang timbul diberbagai perusahaan.” sambung Anggi.

Sehingga, masih kata dia, persoalan-persoalan yang timbul dapat mempengaruhi proses produksi dan kemungkinan permasalahan cenderung meningkat baik dari kuantitas maupun kualitas terjadi diantaranya kegiatan unjuk rasa menuntut ganti rugi atas tanah yang digunakan oleh perusahaan, menuntut hak dan kesejahteraan karyawan perusahaan atau tuntutan pesangon para karyawan yang di PHK.

Oleh karenanya menurut Anggi, sangat diperlukan Satpam yang mampu mengatasi setiap gangguan kamtibmas dan terjaminnya situasi keamanan dan ketertiban di perusahaan/Instansi.

Mengakhiri sambutannya, Di Binmas Polda Kaltim itu mengucapkan selamat kepada seluruh peserta pelatihan Satpam Gada Pratama Angkatan ke – 3 yang dilaksanakan PT Kubar Outsource Global (KOG).

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta pelatihan Satpam yang baru saja selesai mengikuti pelatihan ini, selamat kembali ketempat tugasnya masing-masing, selamat bertugas, dan teriring salam kepada keluarga,” ujarnya.

Dan kepada direktur utama PT Kubar Outsource Global (KOG) kami ucapkan terima kasih  yang telah memberikan kepercayaan kepada Polda Kaltim untuk mendidik anggota Satpam nya.“ Tutup Kombes Pol Anggie Yulianto Putro.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kubar Outsource Global (KOG), Markus Dino berharap agar perusahaan yang ada di Kutai Barat segera mengirimkan para satpam yang belum ikut Pelatihan agar mendapatkan pendidikan khusus kesatpaman.

“Mengingat banyaknya perusahaan yang menggunakan jasa pengamanan tanpa mengantongi legalitas maka sebaiknya segera bergabung untuk mendapatkan pembinaan, tujuannya supaya calon satpam yang bekerja di perusahaan tersebut mendapatkan pelatihan dan keterampilan khusus, ” kata Dia.

Setelah lulus, sambung Dino, yang bersangkutan selain memiliki kartu tanda anggota (KTA)i, mereka juga menjadi Satuan Pengamanan yang resmi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

IBI-Paul