Wadir Lantas Polda Banten Dampingi Menteri Perhubungan Tinjau Jalur Mudik Lebaran 2023

BANTEN310 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia| Serang- Wadir Lantas Polda Banten AKBP Kukuh Priyo Taruno mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau jalur mudik lebaran tahun 2023 di Tol Tangerang Merak dan Pelabuhan Merak pada Sabtu (11/03).

Turut hadir dalam kegiatan ini Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Ery Nursatari beserta jajaran terkait. Saat dikonfirmasi Kukuh membenarkan dirinya mendampingi Menhub. “Hari ini saya mendampingi Menhub meninjau jalur mudik lebaran tahun 2023 di Tol Tangerang Merak dan Pelabuhan Merak,” kata Kukuh.

Sementara itu Budi Karya Sumadi dalam kesempatannya memprediksi pergerakan masyarakat selama masa Lebaran 2023 (Idul Fitri 1444 H) bisa mencapai 123,8 juta orang. Menurutnya, jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa Lebaran tahun 2022 lalu yang mencapai 85 juta orang.

“Kita harus tahu bahwa setiap pelaksanaan mudik, Kementerian Perhubungan lakukan riset, dan riset yang kita lakukan jumlah sekarang ini naik signifikan dari 85 juta menjadi 123 juta orang,” kata Menhub.

Dari prediksi 123 juta orang pergerakan menjelang mudik lebaran itu, biasanya didominasi oleh angkutan darat, roda empat dan roda dua.

Khusus untuk roda empat, Kemenhub berkoordinasi dengan PJ Gubernur Provinsi Banten, Korlantas dan beberapa Dirut BUMN. Menhub pun memastikan pelaksanaan mudik di pelabuhan Merak akan relatif lebih baik dibanding tahun lalu. “Insyallah apa yang dilakukan di sini relatif jauh lebih baik dari tahun lalu,” ujar Menhub. (Bidhumas/YG).