oleh

Wakapolresta Hadiri Pembukaan Pelatihan Relawan Prov.Papua Dalam Penanganan Covid-19 Oleh BNPB


Investigasi Bhayangkara Indonesia.com
Polresta Jayapura Kota,- Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si menghadiri kegiatan Pembukaan Pelatihan Relawan Provinsi Papua dalam Penanganan Covid-19 bertempat di lantai 11 Ballroom Aston Hotel Jayapura Distrik Jayapura Utara, Senin (30/11) Pagi.

Pelatihan relawan Covid-19 Provinsi Papua yang digelar tersebut dalam rangka Penanganan Covid-19 dan merupakan salah satu program nasional yang diinisiasi oleh (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) BNPB guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat khususnya di daerah sangat merah.

Turut hadir Direktur Mitigasi BNPB RI Johny Sumbung, Penjabat Sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa, S.H, Kepala BNPB Provinsi Papua Welliam R. Manderi, Irdam XVII Cenderawasih Brigjen TNI Wachid Aprilianto, Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, M.M, Danramil Jayapura Utara Kapten Inf. G.L Tjoe, Lurah Gurabesi Maria Jochu dan para peserta pelatihan.

Dalam sambutannya, Direktur Mitigasi BNPB RI Johny Sumbung menyampaikan yang intinya Program pelatihan relawan dalam penanganan Covid-19 merupakan program nasional yang diselenggarakan di setiap Provinsi dimana untuk wilayah Provinsi Papua sendiri, Kota Jayapura menjadi catatan melihat laju persebaran virus Covid-19 yang sangat cepat untuk di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga salah satu upaya yang kami lakukan adalah pembentukan relawan Covid-19 dengan merekrut 500 orang yang akan diberikan pelatihan.

“Semoga dari hasil akhir pelatihan ini adalah partisipasi aktif Relawan yang akan bergabung bersama tenaga kesehatan dan masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan sosialisasi bahkan melakukan pengawasan terhadap berbagai kegiatan berkerumun guna cegah penyebaran Covid-19,” Ungkapnya.

Ditempat yang sama Penjabat Sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa mengucapkan terima kasih atas nama Pemprov Papua dan apresiasi kepada BNPB RI yang telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Relawan Provinsi Papua dalam rangka Penanganan Covid-19. Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat mengingat tingkat persebaran Covid-19 di Papua khususnya Kota Jayapura yang semakin meningkat.

“Setelah pelatihan ini, saya mengharapkan para relawan agar dapat memantau segala bentuk aktivitas berkerumun masyarakat, sosialisasi adaptasi kebiasaan baru, ajarkan cara komunikasi efektif di tengah pandemi Covid-19 dan meningkatkan semangat kerelawan dalam pencegahan Covid-19,” Pungkasnya.

Lanjut Sekda, Penetapan protkes harus berbasis kearifan budaya papua selain itu para relawan juga diharapkan untuk membantu tenaga kesehatan dalam penanganan pencegahan Covid-19, baik langsung turun ke lapangan secara bersama-sama atau secara terpisah juga intens mensosialisasikan gerakan 3M secara masif sebagai dasar utama dalam pencegahan Covid-19.

Selanjutnya giat pembukaan pelatihan ditandai dengan pemukulan tifa secara simbolis oleh Penjabat Sekda Provinsi Papua sebagai tanda dimulainya massa pelatihan relawan dan dilanjutkan dengan penyerahan ID Card peserta pelatihan.(*)

Penulis : Subhan

Komentar

News Feed