Wakil Bupati Bangka, Buka Secara Resmi Sosialisasi Asesmen Nasional SMP Tingkat Kabupaten Bangka Tahun 2023

Berita Hari Ini242 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Sungailiat

Kegiatan Sosialisasi Asesmen Nasional SMP Tingkat Kabupaten Bangka Tahun 2023, secara resmi di buka oleh Wakil Bupati Bangka Syahbudin di Ruang Pertemuan di Rumah Makan Pangeran Sungailiat, Selasa (12/7/2023) yang lalu.

Asesmen Nasional merupakan salah satu bentuk evaluasi sistim pendidikan oleh Kementerian pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Syahbudin menyampaikan bahwa Pemerintah menyelenggarakan Asesmen Nasional bukan sebagai pengganti dari Ujian Nasional.

“Program evaluasi ini dimaksud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran diseluruh satuan pendidikan,” ungkap Syahbudin.

Dilanjutkan lagi oleh Syahbudin, Asesmen Nasional berguna sebagai informasi untuk mengevaluasi mutu pendidikan.

“Asesmen Nasioanal juga berguna sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan yang ada,” beber Syahbudin.

Asesmen Nasioanal dilaksanakan dengan tiga instrumen yaitu Asesmen kompetisi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan belajar.

Senada dalam hal ini, Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Bangka Vini Awilia dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh Kepala Sekolah SMP Negeri dan Kepala Sekolah Swasta yang ada di Kabupaten Bangka berjumlah 46 orang dan 1 orang Koordinator Pengawas.

“Tujuan diadakan kegiatan ini untuk memberi penguatan pemahaman tentang sistem Asesmen Nasioanal SMP Tahun 2023,” pungkas Vini.-

(Ach IBI).