Wakili Kapolres Sigi, Kasat Binmas Hadiri Pengukuhan Dewan Adat Kabupaten Sigi

SUL-TENG361 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia.com. Pada hari Selasa, 23 November 2021, bertempat di Wisata air panas Desa Bora Kec. Sigi Kota, Kapolres Sigi Kapolres Sigi AKBP Reja A. Simanjuntak, S.H.S.I.K.,M.H., yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Sigi Iptu Azhari Lumuan menghadiri Pengukuhan Dewat Adat Kabupaten Sigi.

Pengukuhan Dewat Adat Kabupaten Sigi tersebut mengangkat Tema “Mendukung Program Pemerintah Daerah dalam menjaga ketahanan budaya,adat istiadat dalam harmoni berbangsa dan bernegara.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Gubernur Sulteng, diwakili Kadis Pariwisata Dr. I Nyoman Sriadiwijaya, M.M, Kapolda Sulteng diwakili Dir Reskrimum Kombes Pol Parojahan Simanjuntak S.IK, Danrem 132 Tadulako diwakili Kasi Teritorial Kolonel Inf. H. Rahman Tomampu Leho, S.Ag,M.Si, Badan Musyawarah Adat (BMA) Prov. Sulteng, Bupati Sigi di wakili Wakil Bupati Sigi Dr. Samuel Yansen Pongi, SE, M.Si, Ketua DPRD Sigi,Kapolres Sigi diwakili Kasat Binmas IPTU Ashari Lumuan, Dandim 1306 Diwakili Pabung Mayor Inf. Tomy,Kasat Reskrim Polres Sigi AKP Arsyad Ma’aling serta Perwakilan wilayah keadatan masing-masing Keadatan Kulawi, Keadatan Marawola, Keadatan Higi, Keadatan Dolo, Keadatan Lando Bulili.

Seusai kegiatan tersebut, Kasat Binmas Polres Sigi mengatakan bahwa di Kabupaten Sigi terdapat berbagai suku dan agama, untuk itu keberadaan Dewan Adat juga harus dapat menjadi tali pengikat dan pemersatu, perekat persatuan dan persaudaraan serta dapat memberikan kontribusi berupa pemikiran dan ide-ide serta nasehat dalam rangka mendukung pemerintah.

Untuk itu pengurus Dewan Adat diminta proaktif menggali dan menerapkan nilai-nilai adat istiadat yang terdapat pada masyarakat, sehingga kearifan lokal yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sigi senantiasa terjaga dan lestari.

(Faisal)