oleh

Webinar Sosialisasi Penggunaan Aplikasi e-Avis Untuk Ujian Teori SIM Secara Online

Investigasi bhayangkara Indonesia com Jakarta – Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Sub Direktorat SIM mempersembahkan webinar sosialisasi penggunaan aplikasi e-Avis untuk ujian teori SIM secara online, host dipandu Diba Nastasya, pembicara 1 yaitu Andy K.R. Garna selaku konsultan TIK Korlantas Polri dan pembicara 2 yaitu Kombes Pol Tri Julianto Djatiutomo selaku Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri, kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (25/09/2021).

Dijelaskan oleh Kombes Pol Djatiutomo pada webinar tersebut, kenapa e-Avis dibangun, yaitu:

1) Pemutahiran soal ujian, dalam hal ini soal ujian teori yang ada saat ini belum mengakomodir perkembangan situasi lalu lintas terbaru.

2) Perkembangan teknologi, dalam hal ini teknologi telah berkembang pesat sedangkan aplikasi ujian teori yang digunakan ketinggalan lebih dari satu dasawarsa.

3) Integrasi ke aplikasi SINAR, dalam hal ini adanya aplikasi SIM Nasional Presisi atau disebut SINAR memerlukan aplikasi pendukung yang juga berteknologi daring penuh dan terintegrasi.

4) Solusi di masa pandemi Covid-19, dalam hal ini sebagai solusi Korlantas Polri untuk mengurangi mobilitas dan kerumunan orang di Satpas.

Menurut Kombes Pol Djatiutomo, Keunggulan e-Avis, yaitu:

1) Facial Biometric Security, dalam hal ini teknologi pengenalan wajah digunakan untuk memastikan validitas identitas peserta ujian teori berdasarkan data dukcapil

2) Mobile First, dalam hal ini kinerja optimal aplikasi didapatkan pada platform Android atau iOS. Meskipun demikian, e-Avis juga tersedia pada platform desktop khusus untuk penggunaan di Satpas.

3) Flexibility, dalam hal ini terintegrasi secara langsung dengan sistem penerbitan SIM Nasional serta dengan aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) sehingga pemohon dapat memilih untuk memproses SIM secara online (SINAR) maupun offline di Satpas.

4) Generate Item, dalam hal ini platform ujian dibangun menggunakan konsep Generated Item Test yang mampu menampilkan soal-soal ujian secara acak dan bank soal berdasarkan golongan SIM yang dimohonkan peserta.

5) Quality Concept, dalam hal ini materi ujian teori pada e-Avis ditampilkan dengan animasi video terbaru yang disesuaikan dengan perkembangan situasi dan kondisi lalu lintas terkini.

“Ujian teori SIM sekarang bisa secara online dimana saja dan kapan saja,” ucapnya.

News Feed