Gelar Operasi Keselamatan Mahakam 2023, Ini Yang Dilakukan Satlantas Polres Kubar

KAL-TIM, POLRI348 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Kutai Barat | Satlantas Polres kutai Barat gelar operasi Keselamatan Mahakam 2023 mulai hari Selasa 7 Februari 2023 sampai dua pekan kedepan.

Kapolres Kutai Barat, Polda Kalimantan Timur, AKBP Heri Rusyaman SIK., MH., melalui Kasat Lantas AKP Budi Witikno SH., menyebut operasi dilakukan bertujuan untuk menekan pelanggaran lalulintas.

“Dalam rangka operasi keselamatan Mahakam 2023 ini tujuannya, Pertama yaitu tujuannya menurunnya angka pelanggaran dan laka lantas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” ujar AKP Budi Witikno kepada IBI-Kubar. Selasa 7/2/23.

“Untuk sasarannya ini meliputi segala bentuk gangguan, ambang gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran pelanggaran lalu lintas. Baik sebelum, pada saat, pasca operasi yang diperhatikan dan dalam pelaksanaan operasi itu.” sambungnya.

Lebih lanjut perwira yang sebelumnya bertugas di Polres Berau itu menerangkan pola operasinya, yang pertama yaitu mendatangi sekolah-sekolah.

“Yang pertama yaitu kita akan goes to school, artinya kita akan preentiv, yaitu pencegahan. Terutama sasarannya anak-anak sekolah baik SMP maupun SMA,” ucapnya.

Jadi nanti kita datangi ke sekolah-sekolahan, sosialisasi masalah keselamatan lalu lintas.
Sehingga timbul kesadaran dari anak-anak pelajar dalam berkendara kendaraan motor, baik pakai helm, tidak kebut-kebutan dan tidak memakai knalpot bronx.” terang Kasatlantas.

Selanjutnya, yang kedua, untuk menurunkan angka kecelakaan, menurut Budi Witikno, yaitu mendatangi run chek. 

Artinya melakukan pengecekan kendaraan bermotor dengan sasarannya kendaraan-kendaraan besar, yaitu bus-bus yang memuat penumpang.

Kemudian, lanjut kasat lantas Polres Kubar adalah akan menyisir kendaraan besar-besar yang berpotensial menimbulkan kecelakaan lalulintas.

“Nanti kita akan datangi ke workshop-workshop, termasuk pengecekan di jalan yang berpotensi dengan kecelakaan lalu lintas,” ungkap Budi Witikno.

Masih menurut dia, anggotanya akan melakukan pengecekan di jalan yang berpotensi dengan kecelakaan lalu lintas.

“Kita nanti patroli mobile dengan sasaran yaitu di tempat-tempat yang rawan dengan kecelakaan lalulintas yang terjadi sebelumnya.
Sasarannya yaitu ke jalan-jalan yang sering menimbulkan kecelakaan, termasuk jalan-jalan yang banyak yang rusak itu diantisipasi,” tandas Budi.

Adapun pola selanjutnya adalah memasang spanduk berisikan himbauan kepada masyarakat supaya berkendara dengan baik agar selamat di pinggir jalan yang strategis.

“Jadi kita memasang spanduk-spanduk di jalan-jalan,” tukasnya.

Terakhir, anggota satlantas Polres Kubar akan membagikan brosur-brosur.

“Kemudian kita membagi brosur-brosur. Brosur-brosur ini pada saat anggota melaksanakan kegiatan atau patroli maupun mengatur kendaraan lalulintas. Maka kita akan membagi brosur tentang keselamatan lalulintas selama operasi.” pungkas AKP Budi Witikno.

IBI-Paul