Operasi Ketupat Kapuas 2024 Berakhir, Kabid Humas Polda Kalbar Ungkapkan Hasilnya

KAL-BAR32 Dilihat

investigasibhayangkara.com
Pontianak, Polda Kalbar_ Operasi Ketupat Kapuas 2024 telah resmi berakhir kemarin, Polda Kalbar Ungkapkan hasil pencapaian selama dilaksanakannya Operasi Kepolisian dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1445 H tersebut. (Kamis/18/4/2024)

Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.IK., M.H., melalui Kabidhumas Polda Kalbar Kombespol Raden Petit Wijaya, S.IK.,M.M., kepada Media menjelaskan mengenai jumlah terkait kejadian kecelakaan lalu-lintas dan gangguan Kamtibmas selama berlangsungnya Operasi Ketupat Kapuas 2024 selama 13 hari di wilayah hukum Polda Kalbar.

“Tercatat pada tahun ini telah terjadi sebanyak 11 kejadian laka-lantas, dengan jumlah korban sebanyak 20 orang, yaitu 6 orang meninggal dunia, 3 orang luka berat, 11 orang luka ringan.”

“Sedangkan dalam hal penindakan pelanggaran lalu lintas, Polda Kalbar dan Polres jajaran memberlakukan tilang sebanyak 5 kali dan teguran humanis sebanyak 2.013 kali selama Operasi Ketupat Kapuas berlangsung.”

“Jumlah pelanggan pada hari ke-13 pelaksanaan Operasi Ketupat Kapuas 2024 dibandingkan tahun lalu mengalami kenaikan sebanyak 2 Kasus, yaitu pada tahun 2023 sebanyak 204 Kasus, sedangkan pada tahun 2024 sebanyak 206 Kasus.” Ungkap Kabid Humas Polda Kalbar.

Selain itu disampaikan juga jumlah kedatangan para Pemudik baik yang melalui jalur Udara, darat maupun jalur air.

“Selama pelaksanaan Operasi Ketupat Kapuas 2024, jumlah kedatangan para Pemudik yang melalui jalur udara di seluruh bandara yang ada di Kalbar sebanyak 43.116 orang, sedangkan jumlah keberangkatan sebanyak 54.516 orang.”

“Untuk jalur air, tercatat jumlah kedatangan para Pemudik melalui seluruh Pelabuhan yang ada di Kalbar sebanyak 13.729 orang, dan jumlah keberangkatan sebanyak 16.933 orang.”

“Untuk jalur darat, tercatat jumlah kedatangan para Pemudik melaui seluruh terminal yang ada di Kalbar sebanyak 23.806 orang, dan jumlah keberangkatan sebanyak 26.314 orang.” Kabid Humas menyampaikan.

Disampaikan data Kamtibmas yang tercatat selama 13 hari pelaksanaan pengamanan Idul Fitri 1445 H melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh semua satgas yang tergabung di dalam Operasi Ketupat Kapuas 2024.

“Data yang kami peroleh, Polda Kalbar telah menerima dan memproses sebanyak 105 kasus kejahatan.”

“Yaitu kasus kejahatan konvensional sebanyak 91 kasus sedangkan kejahatan trans nasional sebanyak 14 kasus.”

“Jumlah kegiatan yang telah dilaksanakan oleh seluruh Satgas selama berlangsungnya Operasi Ketupat Kapuas 2024 sebanyak 8.376 kegiatan.” Kabid Humas menambahkan.

Dengan berakhirnya Operasi Ketupat Kapuas 2024, diharapkan angka kecelakaan lalu lintas dan kejahatan Kamtibmas dapat terus menurun, terutama dalam perayaan Idul Fitri tahun mendatang.

“Polda Kalbar mengucapkan terima kasih kepada seluruh Stakeholder terkait yang turut serta berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan pengamanan perayaan Idul Fitri 1445 H.”

“Kepada seluruh lapisan Masyarakat dihimbau agar tetap menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di Wilayahnya masing-masing.” pungkas Kombes Petit.

Humas Polda Kalbar / 44N

Email: bidhumaspoldakb@gmail.com
Twitter : @BidhumasKalbar
FB : Bidhumas Polda Kalbar
IG : @humaspoldakalbar
YouTube : Humas Polda Kalbar