Jum’at Curhat, Jamaah di Masjid Al-Istiqomah Ngadu Ke Kapolres Malinau Soal Balap Liar

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Dengarkan keluhan, saran, masukan dan aspirasi masyarakat secara langsung, Kepolisian Resor (Polres) Malinau dan jajaran terus konsisten melaksanakan program tatap muka yang bertajuk Jum’at Curhat.

Siang ini, program Jum’at Curhat tersebut dipimpin langsung Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo S.H., S.I.K., M.H., usai melaksanakan ibadah Sholat Jum’at yang sekaligus dirangkaikan dengan program Jum’at Curhat bersama sejumlah jamaah Sholat Jum’at serta tokoh agama di Masjid Al-Istiqomah, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Jum’at (20/10).

Kegiatan yang bertujuan untuk berbagi cerita, pengalaman, mendengarkan curhatan atau keluhan, saran dan aspirasi masyarakat ini disambut positif oleh para jamaah Sholat Jum’at serta tokoh agama yang hadir pada siang ini untuk menyampaikan curahan hatinya kepada pihak Kepolisian.

Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo S.H., S.I.K., M.H., menerangkan bahwa program Jum’at Curhat yang rutin dilaksanakan setiap minggunya ini merupakan program Polri secara nasional yang bertujuan mendekatkan Polri dengan masyarakat sekaligus menerima usul dan saran dari masyarakat terkait kinerja Kepolisian maupun berkaitan dengan situasi Kamtibmas.

“Alhamdulillah siang ini usai melaksanakan ibadah Sholat Jum’at kita bisa berkumpul kembali disini ya bapak-bapak. Sebelumnya kami sampaikan juga pak, program ini dinamakan Jum’at Curhat, yaitu program dimana Kepolisian menyambangi warga untuk menyerap informasi dari masyarakat mengenai situasi Kamtibmas diwilayah tersebut. Diadakannya Jum’at Curhat ini selain untuk mempererat kemitraan dengan Tokoh Agama ataupun masyarakat, kami ingin menggali permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat sehingga Polri mengetahui setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat serta dapat duduk bersama untuk mencari penyelesaian dan solusi, sehingga akan terciptanya situasi yang kondusif,” ujar Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo

Dialog interaktif bersama sejumlah para jamaah Sholat Jum’at serta tokoh agama yang hadir yang dikemas dalam program Jum’at Curhat ini, terdapat penyampaian atau saran serta apresiasi untuk pihak Kepolisian di Polres Malinau yang disampaikan salah satu jamaah yang sering di sapa Pak Abu Bakar.

“Pada intinya pak Kapolres, kami sangat mendukung upaya Kepolisian untuk menciptakan situasi dan kondisi yang nyaman. Secara pribadi saya berterimakasih dan mengapresiasi Polres Malinau yang sudah menertibkan aksi para oknum pemuda-pemuda yang sempat viral di Media Sosial (Medsos) karena ugal-ugalan hingga balap liar dijalan raya sekitar seminggu yang lalu, dan saya yakin semua masyarakat sangat mengapresiasi hal ini karena saya sempat nonton videonya dan itu sangat membahayakan pengendara lainya. Namun dimohon juga Pak Kapolres, aksi ugal-ugalan hingga balap liar di seputaran Lapangan Pro Sehat Intimung yang biasanya ada setiap malam akhir pekan itu juga di tangkapin saja, saya pernah lewat disitu dan sangat tidak nyaman ditambah dengan suara knalpot motor mereka yang bising, melihat aksi ini sangat meresahkan kami mohon pihak Kepolisian menindaklanjutinya,” ucap Abu Bakar

Terkait hal tersebut, Kapolres Malinau mengatakan bahwa selama ini jajaranya telah memberikan himbauan keselamatan berlalulintas, peneguran dan juga penegakkan hukum terkait aksi-aksi balap liar di Kabupaten Malinau.

“Terimakasih atas penyampaiannya Pak Abu, kami akan terus berupaya menekan angka pelanggaran lalulintas untuk kenyamanan masyarakat Kabupaten Malinau. Jadi selama ini kami dari Polres Malinau sudah meningkatkan patroli di sejumlah lokasi yang berpotensi sebagai tempat balap liar dan ada juga yang kedapatan oleh petugas untuk diamankan. Jadi sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas penyampaian ini dan kami tidak akan main-main, jika kedapatan kembali akan kami tindak tegas balap liar ini termasuk penggunaan knalpot brong,” tegas Kapolres Malinau

Dalam suasana yang penuh kebersamaan tersebut, Kapolres Malinau juga mengajak peran para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan peran para Tokoh lainya serta semua pihak dalam menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif untuk mendukung tugas Kepolisian dengan menjaga lingkungannya agar tetap kondusif dan damai, khususnya dalam menjelang Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

“Peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan sangat dibutuhkan, karena keamanan dan ketertiban merupakan tanggung jawab kita bersama, untuk itu kedepannya mari kita bersama-sama menciptakan situasi keamanan yang nyaman dan kondusif di Bumi Intimung ini. Kami sangat berterimakasih atas penyampaian yang telah diberikan, saran masukan yang diberikan sangat penting bagi kami dalam rangka menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif, terkhusus menjelang Pemilu serentak 2024 sekaligus perbaikan kinerja kami kedepannya,” terang Kapolres Malinau

Terakhir, Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo S.H., S.I.K., M.H., juga menghimbau masyarakat dalam hal pentingnya penguatan strategi komunikasi publik menjelang pelaksanaan Pemilu serentak 2024 yang diminta untuk tidak terpengaruh oleh isu-isu yang berkembang dan diharapkan memverifikasi lebih dahulu informasi yang beredar di Medsos, karena berdasarkan analisa sebaran informasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kondusifitas daerah.

“Jelang momen demokrasi Pemilu serentak 2024 nanti, tentu harapan terbesar adalah daerah kita tetap dalam suasana kondusif. Berbeda pilihan boleh, tapi tetap jaga silaturahmi apapun perbedaan pilihanya. Kami mengajak seluruh komponen masyarakat termasuk peran para Tokoh untuk berpartisipasi penuh demi kesuksesan Pemilu serentak 2024 nanti. Pesan dan himbauan kami kepada warga untuk tidak terprovokasi oleh isu-isu juga berita hoax yang dapat memecah belah masyarakat menjelang Pemilu serentak 2024, sebelum menyebarluaskan tentunya di teliti dan di saring terlebih dahulu kebenarannya,” pungkasnya

Dengan adanya komunikasi dalam kegiatan Jum’at Curhat yang sering dilakukan ini, diharapkan akan terjalin hubungan yang baik antara Polri dan semua elemen masyarakat serta mampu menyerap aspirasi dan menekan potensi gangguan Kamtibmas yang ada dilingkungan masyarakat. (CS)