Waspadai Penipuan Via Telepon, Kasat Binmas Polres Malinau Tatap Muka Jum’at Curhat Dengan Kepsek SMPN 1 Malinau Kota

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Salah satu program yang dikemas Polri dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat guna mendukung program Polri Presisi tahun 2023, Kepolisian Resor (Polres) Malinau kembali melaksanakan kegiatan program Jum’at Curhat yang telah menjadi agenda rutin pada setiap Jum’atnya.

Kali ini, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., yang diwakili Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom didampingi PS. Kaurbinopsnal Satbinmas AIPDA Andi Ashar melaksanakan tatap muka bersama Kepala Sekolah SMPN 1 Malinau Kota Bapak Daud Impung, S.Pd., M.Si., bertempat di SMPN 1 Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Jum’at (13/10).

Dalam dialognya, IPTU Maruli Gultom juga membuka ruang tanya jawab maupun masukan dari Kepala Sekolah SMPN 1 Malinau Kota tentang pelaksanaan tugas Kepolisian ataupun tentang kendala Kamtibmas yang dialami.

Pada momen ini, terdapat penyampaian atau keluhan yang disampaikan Kepala Sekolah SMPN 1 Malinau Kota Bapak Daud Impung, S.Pd., M.Si., terkait adanya penelpon gelap yang meminta bagian sekian persen dengan modus adanya bantuan dari Kemdikbud untuk Sekolah-Sekolah yang berada di Kabupaten Malinau.

“Terimakasih Pak Gultom sudah berkunjung sekolah kami ini, penyampaian kami disini saya sangat mendukung Kepolisian yang dilaksanakan Polres Malinau dalam upaya menciptakan suasana yang nyaman dilingkungan masyarakat maupun ke Sekolah-Sekolah. Namun pada kesempatan ini saya menyampaikan keresahan yang kami alamai terkait adanya penelpon gelap dengan modus adanya bantuan dari Kemdikbud untuk Sekolah-Sekolah di Kabupaten Malinau. Hal serupa juga dirasakan sejumlah para Kepala Sekolah diwilayah Kabupaten Malinau dengan modus yang sama, dan setelah kami kordinasikan ke atasan ternyata tidak ada penyampaian seperti demikian dengan meminta pihak sekolah menyiapkan dana sekian persen dan ditransfer ke rekening yang di berikan penelpon gelap tersebut, bahkan Dinas Pendidikan di Malinau telah menghimbau kami para Kepala Sekolah untuk tidak mudah percaya adanya hal yang disampaikan tersebut, ini sangat meresahkan Pak Gultom,” ujar Daud Impung

Menanggapi hal tersebut, Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Malinau agar lebih berhati-hati, khususnya untuk para Kepala Sekolah terkait persoalan saat ini, yakni adanya penipuan atau adanya penelpon gelap dengan modus meminta bagian sekian persen dari bantuan maupun iming-iming lainya.

Namun demikian, IPTU Maruli Gultom juga mengajak kepada warga masyarakat apabila ada yang menjadi korban terkait kasus penipuan dengan modus lainya agar segera melapor kepada pihak Kepolisian sehingga dapat dengan segera ditindaklanjuti.

“Kami himbau Pak Daud jangan ada menyetor atau memberikan apa yang diminta, kami minta juga bantuanya agar disampaikan juga kepada teman-teman Kepala Sekolah terutama Kepala Sekolah yang dari daerah Hulu-Hulu (Perbatasan) supaya tidak termakan apa-apa yang disampaikan oleh penelepon gelap tersebut. Namum kami minta juga mohon benar-benar dipastikan dahulu ke satuan atas apakah hal tersebut memang tidak benar, agar juga apabila mendapati pesan atau telepon dari nomor yang tidak dikenal, terlebih jika isi pesan tersebut berupa tautan (Link) tidak perlu dibuka dan ditanggapi. Apabila mencurigakan, lebih baik langsung dilakukan pemblokiran nomor. Jadi sekali lagi apabila warga masyarakat menemukan atau menjadi korban penipuan seperti modus penelpon gelap tersebut jangan mudah percaya, segera lapor ke pihak Kepolisian,” jelas Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom

Selain itu IPTU Maruli Gultom juga menambahkan, dalam kegiatan Jum’at Curhat ini menyampaikan bahwa pada intinya program Jum’at Curhat yang rutin dilaksanakan setiap minggunya ini merupakan program Polri secara nasional, salah satunya yang juga dilaksanakan jajaran Polres Malinau yang bertujuan mendekatkan Polri dengan masyarakat sekaligus menerima usul, saran dan masukan dari masyarakat terkait kinerja Kepolisian maupun berkaitan dengan situasi Kamtibmas.

“Jadi, kegiatan Jum’at Curhat ini sebagai sarana silaturahmi dan sebagai wujud interaksi secara langsung antara Polri dengan masyarakat yang berkaitan dengan Kamtibmas, diharapkan juga melalui adanya kegiatan Jum’at Curhat ini dapat menampung seluruh aspirasi dan keluhan masyarakat sehingga dapat dicari jalan keluarnya demi terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif di seluruh wilayah Kabupaten Malinau. Saya minta juga Pak Daud jika menemui atau mengetahui kendala-kendala yang berhubungan dengan keamanan yang dapat menganggu kenyamanan warga masyarakat bahkan para pelajar disini jangan sungkan-sungkan untuk menyampaikan ke pihak Kepolisian maupun Bhabinkamtimas setempat untuk segera ditindaklanjuti,” tutupnya. (CS)