Babinsa Temajuk Sertu Dwi Ariyanto Bantu Warga Basmi Gulma Di Sawah

Kalimantan Barat129 Dilihat

Sambas – Sertu Dwi Ariyanto Anggota Koramik 08/Paloh Babinsa Temajuk membantu ibu sulartri membersihkan gulma/rumput liat pengganggu yang ada di Kebun tanaman daun bawang milik ibu Sulastri, yang berlokasi Dusun Camar Bulan, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kab. Sambas, Rabu (29/11).

Dalam kegiatannya Babinsa mengatakan hal ini dilakukan agar terciptanya kemanunggalan antara TNI dan Rakyat yang berada di wilayah perbatasan khususnya, uangkapnya

Aktivitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa di Desa binaan masing-masing ini, bertujuan untuk membantu petani mewujudkan swasembada pangan demi tercapainya ketahanan pangan secara nasional.

Kali ini upaya khusus pendampingan dilakukan Babinsa Koramil 08/Paloh Sertu Dwi Ariyanto yang mendampingi membersihkan gulma dan rumput liar di lahan tanaman daun bawang yang dimiliki Buk Sulastri.

Gulma merupakan tanaman pengganggu yang menjadi salah satu kendala utama yang dihadapi petani dalam memperoleh hasil panen yang maksimal. Hal tersebut disampaikan Babinsa Sertu Dwi Ariyanto di sela-sela kegiatan pendampingan.

Untuk itu, lanjut Babinsa, salah satu cara untuk mengendalikan gulma atau rumput liar melalui membasminya dengan memotong akar atau mencabut gulma itu sendiri. “Selain ini pengendalian gulma juga bisa dilakukan melalui penggunaan herbisida tertentu, apabila terbebas dari gulma, maka tanaman padi akan lebih leluasa menyerap unsur hara, air dan cahaya serta dapat tumbuh maksimal sehingga hasil panen lebih maksimal,” pungkas Babinsa.