Biro SDM Polda Papua Umumkan Hasil Akhir Penerimaan Bintara Polri T.A 2024

Papua206 Dilihat


Investigasi Bhayangkara Indonesia. Com
Jayapura – Biro SDM Polda Papua mengumumkan hasil akhir penerimaan Bintara Polri untuk tahun anggaran 2024 yang meliputi wilayah Provinsi Papua, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Selatan. Pengumuman ini berlangsung di Lapangan Mako Sat Brimob Polda Papua pada Minggu (7/7).

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Karo SDM Polda Papua, Kombes Pol. Sugandi, S.I.K., M.Hum., dan dihadiri oleh Kasubbid Provos AKBP Mukabsi, serta para Kabag Biro SDM Polda Papua dan para peserta penerimaan Bintara Polri T.A 2024.

Karo SDM Polda Papua, Kombes Pol. Sugandi, menyampaikan bahwa tahun ini masing-masing Polres mendapatkan jatah berdasarkan perankingan sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh Kapolda Papua. Kebijakan ini bertujuan untuk pemerataan penerimaan Bintara di setiap daerah, memberikan kesempatan yang adil bagi anak-anak Papua.

“Kebijakan ini mencakup rasio 70% Orang Asli Papua (OAP) dan 30% Non-OAP. Ini merupakan bentuk rasa peduli dan cinta dari Mabes Polri melalui Kapolda kepada generasi muda di Papua,” ujar Kombes Pol. Sugandi.

Peserta yang dinyatakan lulus diharapkan mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) yang ditentukan. Karo SDM juga mengingatkan para calon siswa (casis) untuk tidak melakukan pelanggaran apapun yang dapat membahayakan kelulusan mereka sebelum memasuki pendidikan.

“Beberapa dari kalian akan melanjutkan pendidikan di SPN di luar Papua seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, dilanjutkan dengan magang selama setahun. Ini dilakukan agar kalian dapat melakukan pertukaran budaya dan pola pikir, serta menyerap cara kerja polisi di luar Papua, sehingga bisa mengimplementasikannya selama bertugas di Papua nantinya,” tambahnya.

Adapun jumlah peserta yang lulus sebanyak 1950 calon siswa laki-laki (Polki) dan 50 calon siswa perempuan (Polwan), dengan total kuota penerimaan tahun ini sebanyak 2000 peserta yang diseleksi dari seluruh kabupaten di Papua, termasuk wilayah pemekaran baru seperti Provinsi Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Kombes Pol. Sugandi menutup acara tersebut dengan ucapan selamat kepada para casis yang berhasil lolos seleksi dan mengingatkan mereka untuk selalu menjaga disiplin dan integritas selama menjalani pendidikan dan pelatihan.

“Selamat kepada para casis yang telah lolos seleksi. Jaga selalu semangat, disiplin, dan integritas kalian selama menjalani pendidikan dan pelatihan. Masa depan kepolisian Papua ada di tangan kalian,” tutupnnya IBI PAPUA