BKP-BTR Canangkan Bulan K3 Nasional

Maluku194 Dilihat

Sabtu 20 Januari 2024 – Perusahaan pertambangan Batutua Kharisma Permai dan Batutua Tembaga Raya (BKP-BTR) menyelenggarakan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Nasional (BK3N). Serangkaian kegiatan telah siap dilaksanakan, dan semuanya diawali dengan upacara pencanangannya pada lokasi Tambang Tembaga Wetar di Pulau Wetar, Kabupaten Maluku Barat Daya, pada pagi hari ini.

Seratus lebih karyawan dari anak usaha Merdeka Copper Gold itu hadir dalam upacara, mewakili segenap karyawan lain yang berjumlah hampir dua ribu orang. Plt. Pjs. Kepala Teknik Tambang (KTT) Rudi Prabowo bertindak sebagai inspektur upacara.

“Kunci penting dalam ekosistem ketenagakerjaan yang unggul adalah budaya K3, dan adanya budaya K3 maka angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat ditekan yang pada akhirnya mampu meningkatkan produktivitas kerja”, kata Rudi mengutip amanat Menteri Tenaga Kerja RI dalam rangka BK3N yang dibacakan dalam upcara tersebut.

BK3N adalah peristiwa tahunan yang diselenggrakan oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara – Kementerian Energi dan Sumberdaya Alam (ESDM) dan wajib dilaksanakan oleh seluruh perusahaan pertambangan mineral dan batubara di Indonesia pada awal tahun. BK3N tahun ini mengusung tema Budayakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha.

Kegiatan-kegiatan BK3N di Tambang Tembaga Wetar antara lain lomba cerdas cermat, pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), emergency rescue challenge atau pertolongan pada situasi darurat, safety talk atau paparan tentang keselamatan saat bekerja, video dan foto, zumba dan kebersihan antar camp, serta webinar. Seluruh kegiatan merupakan bentuk sosialisasi kesadaran K3 tersebut diikuti oleh para karyawan.

Sebelumnya, menjelang tutup tahun kemarin, para karyawan BKP-BTR juga melakukan apel keselamatan yang dipimpin oleh Deputy General Manager Jimmy B. Suroto. Apel bertujuan mengingatkan kembali bahwa jenis pekerjaan pertambangan mengandung risiko dan bahaya sehingga pengutamaan keselamatan sangat penting dilakukan pada setiap lini pekerjaan.