Dandim 0212/TS Pimpin Rakor Persiapan Pelaksanaan TMMD Reguler ke-117

SUM-UT388 Dilihat

INVESTIGASI BHAYANGKARA INDONESIA.COM, Sumatera Utara  – Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan TMMD Reguler Ke-117, Kodim 0212/Tapanuli Selatan menggelar rapat koordinasi bersama seluruh komponen bangsa, bertempat di Ruang Data Makodim, Jalan Imam Bonjol, Padangsidimpuan, Senin (10/7/2023).

Kegiatan Rakor tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk mematangkan persiapan jelang pelaksanaan TMMD Reguler ke-117 yang akan dibuka pada 12 Juli 2023 dengan lokasi kegiatan di Desa Sitaratoit – Kelurahan Sitinjak, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Pimpinan Rakor persiapan pelaksanaan TMMD Reguler ke-117, Komandan Kodim (Dandim) 0212/Tapanuli Selatan, Letkol Inf. Amrizal Nasution berharap kegiatan rapat tersebut dapat meningkatkan kolaborasi dan koordinasi yang baik pada saat pembukaan maupun pelaksanaan TMMD agar berjalan dengan lancar dan selesai sesuai alokasi waktu yang telah ditentukan.

Program TMMD merupakan keterpaduan antara TNI bersama pemerintah dan Pemda, sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan dan peningkatan infrastruktur demi kesejahteraan masyarakat di pedesaan dengan pemberdayaan masyarakat.

“Untuk kita ketahui bersama, bahwa Rakor ini dimaksudkan untuk membahas berbagai hal teknis persiapan pelaksanaan TMMD yang akan kita laksanakan nantinya mulai dari upacara pembuka sampai ditutupnya kegiatan TMMD,” tegas Amrizal dalam Rakor tersebut.

Dijelaskan, mulai dari persiapan pembukaan, sasaran fisik dan non fisik, dukungan OPD/instansi dan stakeholder terkait, termasuk berbagai kendala yang mungkin dihadapi selama pelaksanaan kegiatan TMMD.

Tidak hanya itu, Dandim juga berharap kegiatan TMMD ini nantinya dapat membangun nilai semangat gotong royong yang mana menurutnya semangat gotong royong Indonesia saat ini sudah mulai luntur.

“Banyak yang bisa diambil dari kegiatan TMMD ini, salah satunya juga agar menumbuhkan kembali semangat gotong royong. Gotong royong di Indonesia ini udah mulai lunturkan?, karena dengan gotong royong itu bisa melatih toleransi antar umat beragama. Jadi semngat gotong royong masyarakat Indonesia ini harus ditumbuh kembangkan kembali,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan, Abdul Basith Dalimunthe mendampingi Dandim, Asisten I, Hamdan Zein Harahap, mewakili Bupati Tapanuli selatan, Kasat Samapta mewakili Polres Tapanuli Selatan, serta OPD terkait dan Komponen bangsa seperti OKP dan Ormas. (Nas)