Kapolres Jepara Pantau Langsung Pengamanan Ibadah Hari Raya Waisak di Donorojo

JA-TENG, POLRI92 Dilihat

๐—œ๐—ป๐˜ƒ๐—ฒ๐˜€๐˜๐—ถ๐—ด๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—ฏ๐—ต๐—ฎ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—ฐ๐—ผ๐—บ ~
๐—๐—˜๐—ฃ๐—”๐—ฅ๐—” – //โ€“ Polres Jepara | Pastikan pelaksanaan peringatan hari raya Waisak 2568 BE/2024 Masehi berjalan aman dan kondusif, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melakukan kunjungan sekaligus pengecekan pengamanan ke sejumlah Vihara yang berada di Kabupaten Jepara, Kamis (23/5/2024).

Dalam kunjungannya, Kapolres Jepara yang didampingi pejabat utama dan personel Polres Jepara mengunjungi dua Vihara yang berada di Kecamatan Donorojo yakni Vihara Jaya Manggala dan Vihara Bodhi Kalingga.

Saat ditemui disela-sela kegiatan pengecekan, Kapolres Jepara mengatakan, “Kehadiran kami di sini adalah untuk memastikan keamanan dan sistem pengamanan selama perayaan Hari Suci Waisak tahun ini. Kami mengimbau kepada seluruh warga agar bersama memelihara situasi yang telah kondusif ini, serta menjunjung tinggi persatuan, kebhinekaan, keragaman, dan toleransi antar umat beragama,” ujarnya.

AKBP Wahyu menyampaikan, bahwa masyarakat Jepara juga diharapkan untuk mendukung pelaksanaan Pilkada yang aman, damai, dan sejuk. Ia berharap agar seluruh warga dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan serta menciptakan lingkungan yang harmonis.

โ€œSelain keamanan Waisak. Keamanan menjelang pelaksanaan Pilkada juga kami harapkan berlangsung dengan damai aman dan sejuk,โ€ jelasnya.

Mantan Kapolres Sukoharjo menegaskan lagi, dalam menjaga keamanan dan ketertiban jelang perayaan Hari Raya Waisak.

Semua pihak diharapkan dapat saling berkoordinasi dan bekerja sama guna menciptakan suasana yang aman, damai, dan penuh toleransi di Kabupaten Jepara.

Kepolisian akan terus melakukan patroli dan pengawasan guna mencegah adanya gangguan keamanan dan mengantisipasi potensi kerawanan selama perayaan Waisak.

Warga diminta untuk tetap waspada dan melaporkan segala hal yang mencurigakan kepada pihak berwenang.

โ€œDengan kerjasama dan kesadaran bersama, diharapkan Hari Raya Waisak di Kabupaten Jepara dapat berjalan lancar dan meriah tanpa ada insiden yang merugikan,โ€ bebernya.

Selain itu, Abituren Akpol 2003 ini menambahkan, bahwa dalam pengamanan Hari Raya Waisak, pihaknya telah menerjunkan ratusan personelnya ke vihara-vihara yang berada di Kabupaten Jepara untuk menjaga kamtibmas.

“Kami sebar 117 personel di vihara-vihara guna mengantasipasi gangguan keamanan serta menjamin kenyamanan umat Buddha dalam perayaan Waisak,” jelasnya.

Kapolres juga mengucapkan, atas nama Polres Jepara, dirinya menyampaikan ucapan selamat hari raya Waisak kepada seluruh umat Buddha.

“Selamat hari Waisak kepada umat Buddha yang merayakan. Semoga dalam momentum hari Suci Waisak ini, kita terus menyebarkan cinta kasih, sehingga penuh kebahagiaan dan kedamaian,” tutup AKBP Wahyu.

Sementara itu, Romo Frengky Supriyanto selaku Tokoh Agama Buddha mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Jepara dan rombongan atas kunjungan silaturahminya sekaligus pengecekan pengamanan kegiatan perayaan hari Waisak.

Dirinya mengaku terkesan dengan pelayanan yang diberikan kepolisian selama ini khususnya dalam memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan umat saat pelaksanaan ibadah umat Buddha di kabupaten Jepara.

โ€œKedatangan bapak Kapolres beserta rombongan merupakan kehormatan yang luar biasa bagi kami dan umat Buddha yang berada di Kabupaten Jepara. Kami sudah merasa terlayani oleh Polres Jepara beserta jajarannya dengan baik, dimana selama kami melaksanakan ibadah besar, kehadiran Polisi selalu ada sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi kami dalam menjalankan ibadah,โ€ ujar Frengky.

โ€œDitambah kehadiran langsung bapak Kapolres Jepara, menambah rasa aman, nyaman serta kedekatan tersendiri bagi kami pemeluk agama Budha. Kami harap suasana seperti ini dapat terus berkelanjutan di hari-hari mendatang,โ€ harapnya.

Ia juga akan mendukung komitmen Polres Jepara dalam menjaga situasi yang aman dan kondusif.

Pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas, Polisi RW, Polsek Donorojo, maupun Polres Jepara dalam hal pengamanan saat perayaan Hari Waisak.

โ€œDengan kunjungan ini, kami berharap dapat meningkatkan sinergi antara kami dan kepolisian dan masyarakat sekitar,โ€ pungkasnya.

Tim IBI / red
(Vio Sari hms)