Lagi – Lagi Papan Informasi Proyek Pembangunan Drainase Tak Hiraukan Dan Di Anggap Sepele.

๐—œ๐—ป๐˜ƒ๐—ฒ๐˜€๐˜๐—ถ๐—ด๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—ฏ๐—ต๐—ฎ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ.๐—ฐ๐—ผ๐—บ ~ ๐—ฅ๐—˜๐— ๐—•๐—”๐—ก๐—š // – Pekerjaan proyek Drainase yang ada di desa Weton kecamatan Rembang Jawa Tengah mulai menjadi sorotan masyarakat , pekerjaan proyek yang sudah berjalan namun sayang tanpa ada papan nama proyek yang dipasang di lokasi pekerjaan proyek.
โ€œProyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan proyek itu indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggaran.”
Jum’at, 17/05/2024

Perpres nomor 54 tahun 2010 dan nomor 70 tahun 2012 yang mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang di biayai negara wajib memasang papan proyek dan memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontak, waktu pelaksanaan. UU No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Informasi merupakan kebutuhan pokok dan hak asasi manusia. Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik.
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Badan Publik) wajib menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan Informasi Publik yang berada di bawah kewenangannya;
Badan Publik wajib menyediakan informasi publik yang akurat, benar, dan tidak menyesatkan.

โ€œPara pekerja saat melakukan aktivitasnya ada yang tidak memakai helm proyek, alat pelindung diri dan lainnya.
Dijelaskan, bahwa dalam setiap pekerjaan baik dalam klasifikasi kecil, menengah dan besar, penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), sudah merupakan kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang.

Tampak tidak ada pengawasan dari pihak hak yang berwenang ataupun kepala pelaksana.
Jari tanda tanya besar masyarakat dari mana atau yang mengerjakannya. Dari mana sumber dan siapa yang bertanggung jawab atas proyek tersebut.

Seakan -akan seperti proyek siluman/tak bertuan, dan di tutup- tutupi tidak ada keterbukaan publik,” ada apa seperti proyek hak milik pribadi.
Bagaimana tingkat pengawasan dari Aparatur yang berwenang seakan akan tutup mata.
Saat awak media konfirmasi dengan kepala desa , mungkin lupa katanya.
Apa tidak ada rencana kerja, sampai bikin papan nama proyek saja lupa.
Yang menjadi pertanyaan bagaimana menjaga Kwalitas pasang papan nama asa lupa.

Red / Tim