Polda Papua dan Pemprov Papua Selatan Teken Naskah Hibah Untuk Rekrutmen Bintara Polri 2024

๐—œ๐—ป๐˜ƒ๐—ฒ๐˜€๐˜๐—ถ๐—ด๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—•๐—ต๐—ฎ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ. ๐—–๐—ผ๐—บ =
๐—๐—”๐—ฌ๐—”๐—ฃ๐—จ๐—ฅ๐—” //โ€“ Kepolisian Daerah (Polda) Papua dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Selatan, Senin (03/05/2024) menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dalam rangka rekrutmen calon Bintara Polri Tahun Anggaran 2024 di Aula Mapolres Merauke, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah dihadiri Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K. dan Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T., M.T., IPM, Pj. Sekda Papua Selatan, Maddaremmeng, M.Si. Karo SDM Polda Papua, Kombes Pol Sugandi, S.I.K., M.Hum, Kapolres Merauke, AKBP I Ketut Suarnaya, S.H., S.I.K., dan Kapolres Mappi, AKBP Yustinus S. Kadang, S.Sos., M.Si.

Dalam sambutannya, Kapolda Papua menyampaikan Mabes Polri sudah menyetujui untuk Rekruitmen Bintara Polri di Polda Papua sampai dengan tahun 2028 sebanyak 10.000 orang. Tentunya dengan adanya kebijakan tersebut, pihaknya akan sering melakukan evaluasi untuk kesiapan Polda Baru di 3 DOB yang rencananya di tahun 2025 akan dimulai mekarkan.

โ€œSaya berharap rekrutmen sebanyak 4.000 Bintara tahun 2024 sampai dengan 2025 bisa menambah pemenuhan DSP Polda Papua untuk pembentukan 3 Polda Baru, yang tentunya ini akan berdampak pada percepatan pemekaran Polda Baru,โ€ ucap Kapolda Papua.

Selaku Kapolda Papua ia menekankan 4 (empat) hal penting dalam penerimaan Bintara baru diantaranya Orang Asli Papua (OAP), Keluarga Besar TNI Polri Pemerintah, Kelahiran Papua dan Kerabat Polri dan menekankan bahwa Polda Papua adalah institusi vertikal yang tidak tunduk pada MRP atau DPRP.

โ€œSaya harapkan ditahun 2028 tidak ada lagi yang minta pindah karena kita sudah mulai dari sekarang menerapkan pola rekruitmen OAP dengan kriteria yang sudah kita tentukan sendiri,โ€ harapnya.

Ia juga berharap bahwa nantinya da masukan-masukan dari Pj. Gubernur Papua Selatan untuk pola Rekruitmen Polri yang lebih baik kedepannya.

โ€œSaya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Papua Selatan yang sudah bekerjasama untuk Rekruitmen ini,โ€ tutur Irjen Fakhiri.

Sementara itu, Pj. Gubernur Papua Selatan mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Papua atas inisiasi Rekruitmen Polri khusus OAP secara besar besaran. Ia menilai program ini sangat baik untuk jangka panjang.

โ€œSemoga NPHD ini bisa bermanfaat maksimal bagi anak-anak yang mengikuti seleksi Bintara Polri dan nantinya jika sudah berdinas bisa melayani masyarakat di Tanah Papua khususnya di Provinsi Papua Selatan,โ€ pungkasnya.

Red /Jon