Presiden dan Ibu Iriana Salat Iduladha 1444 H di Istana Yogyakarta Bersama Masyarakat

Investigasibhayangkara.com,

Yogyakarta – Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo melaksanakan salat Iduladha 1444 Hijriah di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta, pada Kamis, 29 Juni 2023. Salat Iduladha tersebut juga diikuti oleh masyarakat sekitar.

Tepat pukul 06.30 WIB, salat Iduladha dimulai dengan dipimpin oleh imam Jauhar Mustofa yang merupakan Kepala Bidang Urusan Agama Islam di Kantor Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Kementerian Agama.

Selesai salat, Jauhar Mustofa yang juga bertindak sebagai khatib menyampaikan khotbahnya yang bertema “Semangat Berkurban dan Ketaatan Nabi Ismail AS”. Dalam khotbahnya, khatib mengajak seluruh jemaah untuk meneladani sikap tawakal, tawadu, dan keikhlasan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail
AS untuk berkurban.

“Hal ini adalah memenuhi
perintah Allah SWT untuk selalu bersyukur, menegakkan salat dan berkurban, maka sudah seharusnya momentum hari ini kita syukuri dengan mengagungkan asma Allah, bertakbir, bertahmid, bertasbih dan bertahlil,” ujar khatib.

Khatib juga menyampaikan hikmah dari disyariatkannya Iduladha dan berkurban yang diambil dari kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Hikmah tersebut antara lain menjaga totalitas dalam beribadah, menjalankan dan menaati perintah Allah SWT dan Rasul-Nya, menambah keimanan dan ketakwaan, hingga berbagi dengan kaum duafa.

“Harta yang kita miliki hanyalah titipan dan amanah dari-Nya, yang harus dijaga, dikelola, dimanfaatkan, dan ditunaikan dengan sebaik-baiknya bagi kemaslahatan umat Islam,” tandasnya.

Turut hadir dalam salat Iduladha tersebut antara lain Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.

Yogyakarta, 29 Juni 2023
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden