Si Dokkes Polres Bima Kota Rutin Cek Kesehatan Tahanan

๐—œ๐—ป๐˜ƒ๐—ฒ๐˜€๐˜๐—ถ๐—ด๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—ฏ๐—ต๐—ฎ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—ฐ๐—ผ๐—บ =
๐—ž๐—ข๐—ง๐—” ๐—•๐—œ๐— ๐—” // – Sebagai langkah antisipasi dan untuk mengetahui kondisi kesehatan tahanan, Polres Bima Kota melalui Seksi Dokkes (Si Dokkes) melakukan pemeriksaan kesehatan rutin terhadap para tahanan yang berada di ruang tahanan Mapolres Bima Kota. Pemeriksaan ini dilakukan pada Selasa, 11 Juni 2024.

Selain memeriksa kesehatan tahanan, sejumlah sudut ruangan juga diperiksa guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Pemeriksaan ini dilakukan secara teliti oleh Perwira Pengawas, Sat Tahti, serta piket Provost. Satu per satu tahanan dan ruangan diperiksa untuk memastikan kondisi kesehatan dan keamanan di dalam tahanan.

Kapolresta Bima Kota, AKBP Yudha Pranata, S.I.K., S.H., melalui P.s Kasubseksi Pidm Si Humas, Aipda Nasrun, menyatakan bahwa tidak hanya kesehatan para tahanan yang diperiksa, tetapi juga ruang tahanan serta barang-barang di dalamnya. “Semua dilakukan pengecekan dan diperiksa sebagai antisipasi masuknya barang terlarang seperti narkoba, rokok, korek api, handphone, dan berbagai alat yang bisa membahayakan tahanan selama berada di ruangan,” ujarnya.

Sebanyak 65 tahanan diperiksa kesehatannya oleh tim Si Dokkes Polres Bima Kota yang dipimpin oleh Kasi Dokkes, dr. Asrarudin. Pemeriksaan meliputi pengecekan tensi, gula darah, hingga pemberian vitamin. Selain itu, tahanan juga diberikan waktu untuk berolahraga setiap harinya.

โ€œSelama ini kita rutin memberikan pelayanan kesehatan, mulai dari pengecekan tensi, gula darah, hingga pemberian vitamin. Setiap harinya kita berlakukan jam olahraga,โ€ ucap Aipda Nasrun. Langkah ini, sambungnya, guna menghindari berbagai penyakit yang ada di lingkungan sel, seperti stres tinggi yang berakibat pada kondisi tidak fit.

โ€œKegiatan pengecekan kesehatan ini rutin kita laksanakan sebagai bentuk pelayanan Kepolisian kepada masyarakat, termasuk mereka para tahanan yang sedang menunggu proses penyidikan,โ€ tutup Nasrun.

Dengan adanya pemeriksaan rutin ini, Polres Bima Kota berharap dapat memastikan kesehatan dan keamanan tahanan, serta mencegah masuknya barang-barang terlarang yang dapat membahayakan mereka. Ini merupakan bagian dari komitmen Polres Bima Kota dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat.

( ๐—œ๐—ก /๐—ฅ๐—ฒ๐—ฑ )