Berikut Arahan Kapolda Sulteng Kepada Personel Pengamanan TPS Pemilu 2024

SUL-TENG163 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia.com. PALU – Kapolda Suilawesi Tengah Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho secara khusus memberikan arahan kepada anggotanya dalam pelaksanaan apel jam pimpinan dalam menghadapi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024, Senin (5/2/2024)

Dalam pengamanan TPS nantinya, Polda Sulteng akan menugaskan 902 personelnya yang akan bertugas membantu pengamanan TPS yang ada di wilayah Polres jajaran Polda Sulteng.

“Tanpa terasa tahap masa tenang Pemilu 2024 sudah didepan mata. Tanggal 11 s.d 13 Februari 2024,” ungkap Kapolda Sulteng.

Situasi dan kondisi kamtibmas secara umum dapat mendukung pelaksanaan pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari yang akan datang, ujarnya.

“Untuk memahami tugas dan fungsi dalam pengamanan TPS, dalam kesempatan ini saya akan berikan Keyword nya. Sederhana saja, baca dan pahami betul buku saku atau panduan yang sudah dibagikan” pinta Kapolda.

Disana sudah tergambar jelas apa-apa yang harus dilakukan, baik untuk petugas yang akan melaksanakan pengamanan TPS maupun petugas yang akan bertugas sebagai Power in hand pimpinan, jelasnya.

Kapolda juga menyebut, dalam buku saku tersebut juga secara gamblang digambarkan jenis peraturan perundangan yang harus dipedomani dalam pelaksanaan tugas pengamanan, sampai dengan langkah-langkah koordinasi yang bisa dilakukan.

“Intinya kita laksanakan tugas pengamanan secara professional, proporsional, transparan dan akuntabel. Sehingga beberapa kejadian kemarin yang sempat mendiskreditkan institusi kita, baik terkait masalah netralitas kita, sebagai aparat keamanan maupun keterlibatan dalam berbagai kegiatan tidak terulang kembali,” tegas Kapolda.

Kapolda juga berpesan kepada petugas yang melaksanakan pengamanan di TPS dan di mako masing-masing pedomani betul 4 perintah harian saya yang selalu dan selalu digaungkan, yaitu 4 Jaga.

Yang pertama Jaga Diri, Keimanan, ketaqwaan, keselamatan, keamanan, kehormatan, kemampuan kita dalam pelaksanaan tugas dan seterusnya yang sudah sering saya sampaikan, beber Kapolda Irjen Pol. Agus NUgroho.

Yang kedua Jaga Keluarga, selama melaksanakan tugas diluar rumah, agar tetap menjaga dirinya, agar tetap berkomunikasi, memelihara dan mendidik anak-anak dengan baik, demikian juga dengan keluarga dilingkungan kerja agar didasari dengan semangat kebersamaan dan kekompakan.

Jaga yang ketiga ungkap Kapolda, Jaga hubungan baik dengan masyarakat, dihadalam pengamanan TPS, bagi rekan-rekan akan merasa sendiri bila tidak mampu membangun hubungan baik dengan masyarakat, oleh karena itu bangun komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan stakeholder terkait maka merekapun akan membantu tugas-tugas kita dalam pengamanan TPS.

Dalam komunikasi dengan masyarakat kedepankan 5S yaitu Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun ini yang akan memudahkan kita melakukan hubungan baik dengan seluruh stakeholder.

Yang terkahir Jaga Institusi Polri, jangan lakukan hal-hal yang dapat menodai intsitusi Polri, selama pelaksanaan pengamanan TPS, pungkasnya.

902 Personel Polda Sulteng yang akan melaksanakan Bawah Kendali Operasi (BKO) Pengamanan TPS Pemilu 2024 ke Polres jajaran, direncanakan akan dilepas pada tanggal 10 Februari 2024.

( Faisal/ Hms )