Menuju Akreditasi Klinik Pratama Polresta, Ini yang Dilakukan Polresta Jayapura Kota

Papua147 Dilihat


Investigasi Bhayangkara Indonesia. Com
Polresta Jayapura Kota,- Polresta Jayapura Kota menggelar giat Penggalangan Komitmen Akreditasi Klinik Pratama Polresta dengan menghadirkan stakeholder terkait guna mendukung pencapaian akreditasi klinik pratama bertempat di Aula Mapolresta, Kamis (15/6) pagi.

Giat yang diselenggarakan Sidokkes Polresta Jayapura Kota ini dipimpin langsung Wakapolresta AKBP Deni Herdiana, S.E., S.H., M.M., M.H dengan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura yang diwakili Kepala Seksi Kesehatan Gizi Bpk. Enos Matira, S.KM., M.Kes, Kabid Dokkes Polda Papua yang diwakili Kasubbid Kespol Kompol dr. Arif Tria Novianto Sp.THT-KL dan beberapa stakeholder terkait beserta Para Pejabat Utama Polresta Jayapura Kota.

Dalam sambutannya membuka kegiatan, Wakapolresta AKBP Deni mengatakan, giat yang dilaksanakan merupakan acara yang dinanti-nantikan serta ucapan terima kasih kepada para undangan yang telah berkenan hadir.

“Poliklinik Polresta Jayapura Kota hingga kini belum menyandang status akreditasi, untuk itu giat ini kami selenggarakan. Harapan akreditasi ini agar tata kelola klinik jadi lebih baik dan pelayanan sesuai SOP serta terjamin dengan baik terhadap tenaga kesehatan dan pasien,” ujar Wakapolresta.

Lebih lanjutnya kata AKBP Deni, pihaknya memohon pendampingan dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Jayapura terhadap Klinik Pratama Polresta agar bisa menuju situasi terakreditasi hingga paripurna.

“Hal ini juga guna mendukung program pembangunan Zona Integritas yang kini sedang berjalan di Polresta Jayapura Kota menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),” ungkap AKBP Deni.

Ditempat yang sama mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Enos Matira menuturkan, perlu dipahami bersama bahwa peraturan Menteri Kesehatan mengatur tentang akreditasi yang bertujuan untuk menjamin mutu pelayanan dan keselamatan pasien.

“Hari ini Klinik Polresta memulainya dengan penggalangan komitmen guna meminta dukungan seluruh elemen terkait yang berhubungan. Harus ada komitmen dari Pimpinan tertinggi dan dukungan 100% dengan menyiapkan sarana dan prasarana sesuai standar yang diharuskan,” imbuhnya.

Enos juga menambahkan, indikator mutu nasional ada 4 dan harus dipenuhi diantaranya, kebersihan, APD (Alat Pelindung Diri), Identifikasi Pasien yakni melindungi pasien saat di diagnosa dan 5R.

“Buat MOU dengan menghadirkan atau menyediakan layanan Dokter Gigi. Klinik tidak akan serumit Puskesmas, lengkapi semua dokumen dan SOP yang ada, harapan kami paripurna yang dilaksanakan karena pelayanan bukan dokumen,” tambahnya.

Rangkaian giat dilanjutkan dengan diskusi pembahasan terkait Akreditasi yang diharapkan akan dimiliki oleh Klinik Polresta dan diakhiri dengan Penandatanganan Komitmen mendukung Akteditasi Klinik Pratama Polresta Jayapura Kota oleh para Undangan yang hadir.(*) IBI PAPUA