Pemkot Tangerang Gelar Festival Cisadane 2023

BANTEN397 Dilihat

Investigasi Bhayangkara Indonesia| Tangerang- Festival Cisadane 2023 telah digelar, dan berlangsung begitu meriah. Acara Festival tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang pada tanggal 22 hingga 26 November, bertempat di Bantaran Sungai Cisadane. Dalam acara Festival itu juga dimeriahkan oleh berbagai kegiatan dan bintang tamu ternama, dengan mengusung tema Sport, Expo dan Entertainment, dan dibuka untuk umum, baik warga Kota Tangerang, maupun Banten sekitarnya.

Kemudian pada Festival Cisadane 2023 itu diisi dengan beragam acara mulai dari lomba Dragon Boat, berbagai stand UMKM launching batik khas kota Tangerang dan hiburan menarik lainnya. “Ayo semuanya, hadir dan ikut ramaikan Festival Cisadane 2023,” kata Rizal Ridolloh, Kepala Disbudpar, Kota Tangerang.

Rizal berharap, Festival Cisadane 2023 dapat menghibur dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kota Tangerang, terutama kemajuan Kota Tangerang. Baik itu sektor pariwisata, ekonomi maupun pendidikan dan lainnya. Serta mudah-mudahan masyarakat Kota Tangerang dapat meramaikan Festival Cisadane 2023 ini. Selanjutnya dia ajak seluruh keluarga dan kerabat karena setiap harinya akan banyak kegiatan yang menghibur kita semua.

Dikesempatan dan tempat yang sama Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga dan melestarikan budaya lokal melalui Festival Cisadane Tahun 2023, yang digelar di Bantaran Sungai Cisadane, Kota Tangerang, Rabu malam (22/11/2023).


Dalam sambutannya, Arief menekankan pentingnya pelestarian tradisi dan menjaga warisan budaya seperti Festival Cisadane yang menjadi ciri khas Kota Tangerang, Banten. “Alhamdulillah, Festival Cisadane kembali digelar. Kita ketahui bersama, Sungai Cisadane menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat dan menjadi pusat dalam perayaan keberagaman masyarakat Kota Tangerang,” ucap Arief saat membuka Festival Cisadane, seraya mengajak masyarakat untuk terus menjaga kebersihan sungai.

Selanjutnya Walikota Tangerang, Arief mengimbau agar seluruh masyarakat setempat untuk menjaga kebersihan Sungai Cisadane biar bisa terus bermanfaat buat Kota Tangerang. Selain itu Arief pun mengingatkan bahwa festival ini bukan hanya perayaan seni dan budaya semata, tetapi juga turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. “Sembari kita lestarikan budaya lokal, kita juga tentunya turut memberikan kesempatan bagi masyarakat khususnya UMKM untuk menjajakan produknya sehingga dapat turut meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, wali kota beserta wakil Wali Kota, H Sachrudin menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama selama dua periode menjalankan amanah di Kota Tangerang. “Saya dan pak Sachrudin, mengucapkan terima kasih kepada seluruh Forkopimda khususnya masyarakat Kota Tangerang, yang telah membantu dan sama-sama berupaya mewujudkan Kota Tangerang yang semakin maju dan sejahtera,” papar Walikota Tangerang.

Kemudian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang menyebutkan acara Festival Cisadane telah mendongkrak okupansi hotel di sekitar mencapai 80 persen. “Dari laporan yang kami terima, okupansi hotel alami peningkatan yang signifikan mencapai 80 persen,” terang Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Tangerang, Rizal Ridolloh di Tangerang .

Tambah Rizal, bahwa salah satu manfaat adanya festival yang digelar Pemkot adalah meningkatkan sektor pariwisata yakni mulai dari kunjungan hingga yang menginap di hotel. Dan perlu diketahui sesuai penjelasan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang telah mencatat sejak Januari hingga Juli 2023, kunjungan wisatawan ke Kota Tangerang mencapai 7.573.807 jiwa.(Adv).