Cooling System Jelang Pilkada, Kasat Binmas Polres Ketapang Ngopi Bareng Jamaah Subuh Keliling

KAL-BAR88 Dilihat

investigasibhayangkara.com
Ketapang – Polda Kalbar, Menjelang Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Kasat Binmas Polres Ketapang, AKP Sumiadinata, bersama Kapolsek Delta Pawan IPDA Chepry menggelar kegiatan cooling system dengan mengajak jamaah suling (Subuh Keliling) Kota Ketapang untuk ngopi bersama di Warung Kopi Pasar Baru Ketapang, Senin (08/07/2024) Pukul 05.30 wib.. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat persatuan dan menjaga situasi kondusif di tengah masyarakat.

Disela sela obrolan bersama warga, AKP Sumiadinata menyampaikan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan pilihan politik. ” Pilkada adalah momen penting dalam demokrasi dans ebagai sarana kita untuk menyalurkan pilihan dan pandangan politik kita, tetapi jangan sampai perbedaan pilihan membuat kita terpecah. Mari kita tetap menjaga persatuan dan kerukunan sebagai warga Ketapang,” ujar AKP Sumiadinata.

Kegiatan subuh keliling dan ngopi bersama ini diikuti oleh puluhan jamaah dari berbagai kalangan. Selain melaksanakan shalat subuh berjamaah, acara ini juga diisi dengan tausiyah yang mengajak masyarakat untuk bersikap bijak dan dewasa dalam menghadapi Pilkada. AKP Sumiadinata menekankan bahwa keamanan dan ketertiban adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya aparat kepolisian.

” Polres Ketapang berkomitmen untuk menjaga keamanan selama tahapan Pilkada, tetapi kami tidak bisa melakukannya sendiri. Kami membutuhkan dukungan dan kerjasama dari seluruh masyarakat. Mari kita ciptakan Pilkada yang damai, aman, dan demokratis,” tambah AKP Sumiadinata.

Kegiatan ngopi bareng ini mendapat sambutan positif dari masyarakat. Pak Hasan, salah satu jamaah yang hadir, mengapresiasi inisiatif Polres Ketapang. ” Kami sangat mendukung kegiatan ini. Dengan adanya pengarahan ini, kami jadi lebih paham pentingnya menjaga persatuan dan tidak mudah terprovokasi. Semoga Pilkada di Ketapang berjalan lancar dan aman,” ujar Pak Hasan.

Kasat Binmas juga mengajak para jamaah untuk terus menjalin komunikasi dengan pihak kepolisian jika menemukan hal-hal yang mencurigakan atau berpotensi mengganggu keamanan. ” Kami siap menerima laporan dan masukan dari masyarakat. Jangan ragu untuk menghubungi kami jika ada yang mencurigakan. Keamanan dan ketertiban adalah tanggung jawab kita bersama,” tegas AKP Sumiadinata.

Selain kegiatan ngopi bersama, Polres Ketapang juga akan menggelar berbagai kegiatan lain untuk menciptakan situasi kondusif menjelang Pilkada, seperti patroli dialogis, sosialisasi ke warga masyarakat, dan pertemuan dengan tokoh masyarakat serta tokoh agama. Semua ini dilakukan untuk memastikan bahwa Pilkada 2024 di Kabupaten Ketapang berjalan dengan aman dan damai.

Dengan adanya upaya cooling system ini, diharapkan masyarakat Ketapang dapat tetap menjaga persatuan dan kerukunan, sehingga Pilkada 2024 dapat berlangsung dengan lancar tanpa adanya konflik atau gangguan keamanan. Polres Ketapang berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam menjaga situasi kondusif dan mendukung pelaksanaan Pilkada yang demokratis.

(Humas/44N)