Drs.H.Ratu Dewa Meresmikan Masjid AL Basmah Yang Didirikan Oleh Anggota Polri Polda Sumsel

Investigasi Bhayangkara.com Palembang– Pemerintah kota (Pemkot) Palembang dalam hal ini Penjabat Wali Kota Palembang Drs H Ratu Dewa, M.Si dengan didampingi Pelaksana Tugas Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Palembang hari ini menghadiri serta meresmikan Masjid AL Basmah dengan pemotongan pita secara Jum’at 24 Mei 2024

Turut hadir di dalam kegiatan peresmian ini sendiri pendiri Masjid Al Basmah Palembang AKP Abdur Rahim, S.H, mewakili dari Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) yakni Wakil Kapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain, SIK., M.Si, diwakili Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Sumsel Kombes Pol Sofyan Hidayat,dan Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto serta Ketua Yayasan Masjid Al Basamah Palembang H Zulkarnain Z A.Adapun Masjid Al Basmah ini sendiri berada di jalan Kelurahan Alang-Alang Lebar Kecamatan Alang-Alang Lebar Kota Palembang.

Dikatakan Penjabat Wali Kota Palembang Drs H Ratu Dewa, M.Si, ini adalah pembangunan Masjid yang luar biasa dari seorang anggota Kepolisian Republik Indonesia Polda Sumsel yang mendirikan masjid yang cukup megah.

Apalagi masjid dan musholah kita kan ada ribuan, paling tidak harapan saya dapat memberikan syiar, dan menjadi dakwah bagi umat kita sebagai umat beragama Islam.

“Bukan hanya itu saja harapan saya, semoga menjadikan masjid sebagai sarana untuk pembahasan masalah keumatan, masalah kemasyarakatan, masalah pembangunan, dan juga masalah pemerintahan,” ujarnya.

Kemudian, tetapi harapan kita juga masjid Al Basmah ini benar-benar dipelihara dengan baik, dan menjadi makmur, serta menjadi berkah bagi kita semua. Dan yang lain harapan saya, semoga bermula Masjid nantinya kita akan membangun tatanan kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya, dan juga beribadah termasuk perekonomian umat,

Terkait dengan ikatan remaja masjid, saya lihat perlu optimalisasi lagi kaitan hadirnya BKPRMI termasuk dengan ikatan-ikatan remaja masjid lainnya.

“Tujuannya adalah untuk menggairahkan anak-anak muda untuk memberikan support terhadap anak-anaknya, sehingga lebih optimal dalam membuat aktivitas dan program kegiatan dibidang keagamaan,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, sekali lagi kita berikan apresiasi yang luar biasa kepada pendiri masjid ini beserta kepengurusan lainnya, karena seorang anggota kepolisian yang sudah membuat masjid ini dengan megah.

Harapan kita sendiri akan semakin banyak lagi para anggota lain untuk membuat masjid dan musholah yang ada di kota Palembang.

Di sini saya sampaikan pesan untuk kita semua dan khususnya untuk pengurus masjid Al Basmah, ada tanggung jawab moral kita di samping kita memakmurkan masjid.

Adapun tanggung jawab lain yakni tanggung jawab terhadap anak-anak yatim, dan anak yatim piatu yang ada di sekeliling kita butuh perhatian kita semua

“Semoga dengan harapan kepada pengurus masjid Al Basmah bisa memberikan santunan kepada mereka,” katanya.

Begitu juga disampaikan Ketua Yayasan Masjid Al Basamah Palembang H Zulkarnain Z A, bahwa Masjid Al Basmah ini sendiri didirikan pada tanggal 24 Februari tahun 2023, di mana mulai dari design, perencanaan, dan pelaksana adalah ide daripada pendiri masjid Al Basmah, maka terwujudlah pemikiran yang benar-benar terpuji, serta dapat dikenang maka terjadilah nama Masjid Al Basmah.

Al Basmah ini sendiri merupakan akronim singkatan dari nama kedua orang tua, yakni Al Basmah, Basmah Bas artinya dari Baskowi, sedangkan Mah artinya Mahmuda.

“Akronomi kalau kita artikan dalam bahasa arab Al Basmah itu namanya artinya senyuman, bersenyum, dan mudah-mudahan kedua orang tua kami ini akan selalu bersenyum di surga-Nya Allah SWT,” ucapnya.

Masih dilanjutkannya, bukan saya memuji tapi memang kenyataan sebagai figur dan pendiri Masjid Al Basmah beliau ini benar-benar mengayomi, sehingga kami merasa dilindungi di sini.

Jadi kalau kami parkir mobil saja di jalan parkir walaupun di tinggal aman, dan begitu juga dengan rumah, mudah-mudahan aman, dengan catatan jangan terlalu lama ditinggalkan.

Dan kami segenap pengurus dari Masjid Al Basmah ini sendiri mengucapkan banyak terima kasih kepada Penjabat Wali Kota Palembang, dan lainnya di tengah kesibukan aktivitasnya bisa hadir di dalam peresmian Majid Al Basmah ini.

“Di mana ini merupakan suatu kehormatan bagi kami sebagai pengurus Masjid Al Basmah ini, dan semoga dengan hadirnya Masjid Al Basmah ini bisa menjadi ajang untuk syiar agama Islam khususnya di sekitaran masjid ini,” imbuhnya.

Sementara itu Kapolda Sumsel Irjen Pol A.Rachmad Wibowo SIK diwakili Dirbinmas Polda Sumsel Kombes Pol Sofyan Hidayat SIK,MM Mengatakan turut bangga dan bergembira serta Apresiasi serta syukur bahwa anggota seorang Polri bisa membangun masjid yang sangat megah ini,, dengan adanya masjid ini, menambah keimanan warga sekitar serta anak anak sekalian lebih berakhlak yang tentunya akan membantu keamanan dan ketertiban lingkungan sekitar,dan atas nama pimpinan merasa bangga melihat kesolehan anggota Polri dengan bercita cita doa terbaik untuk kedua orang tuanya, harapannya pahalanya terus mengalir hingga orang tuanya tersenyum melihat amal ibadah, hasil didikannya menjadi anak yang Sholeh pungkasnya

Reporter:Salim