Satkamling Desa Kalirancang Alian, Bakal Mewakili Polres Kebumen Lomba di Tingkat Polda Jateng

𝗜𝗻𝘃𝗲𝘀𝘁𝗶𝗴𝗮𝘀𝗶 𝗕𝗵𝗮𝘆𝗮𝗻𝗴𝗸𝗮𝗿𝗮 𝗰𝗼𝗺

𝗞𝗲𝗯𝘂𝗺𝗲𝗻 – Pagi ini ada yang menarik di halaman Mapolres Kebumen, sejumlah pemenang lomba Satkamling tingkat Polres Kebumen diundang dan menerima piala dari Kapolres Kebumen, Senin 2 Oktober 2023.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin saat menyerahkan piala mengungkapkan semua peserta lomba bagus, namun ada kriteria penilaian khusus sehingga harus ada yang menang maupun kalah.

“Saya berharap, bukan hanya saat lomba saja yang bagus. Namun juga diaplikasikan saat pelaksanaan ronda sehari-hari,” jelas AKBP Burhanuddin.

Pada kesempatan itu, Satkamling Desa Kalirancang menjadi juara pertama lomba. Satkamling Desa Kalirancang, Kecamatan Alian, merupakan kelompok B binaan gabungan Polsek Ambal, Polsek Kutowinangun, Polsek Poncowarno dan Polsek Alian.

Pada juara ke dua, dimenangkan oleh Sat Kamling Desa Pekutan, Kecamatan Mirit, yang merupakan kelompok A, binaan gabungan Polsek Mirit, Polsek Bonorowo, dan Polsek Padureso.

Pada posisi ke tiga, dimenangkan oleh Sat Kamling Desa Wajasari, Kecamatan Adimulyo, yang merupakan kelompok D, binaan gabungan Polsek Petanahan, Polsek Klirong, Polsek Sruweng, dan Polsek Adimulyo.

Lanjut Kapolres Kebumen, pemenang juara pertama lomba Sat Kamling akan menjadi perwakilan Polres Kebumen untuk mengikuti lomba Sat Kamling tingkat Polda Jateng. Pemenang mendapatkan piagam penghargaan, piala hingga uang pembinaan.

Selanjutnya Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto yang juga selaku Ketua Tim Penilai mengungkapkan ada 5 aspek penilaian lomba, yakni aspek SDM, aspek sarana dan prasarana, aspek operasional, aspek dukungan masyarakat, dan aspek Binsatkamling.

“Aspek binsatkamling meliputi sosialisasi giat satkamling oleh ketua RT/RW, adanya musyawarah pembentukan satkamling, evaluasi dari ketua RT/RW, pelatihan pengisian buku mutasi dan jadwal pembagian tugas. Lalu pelatihan mengisi buku mutasi, pelatihan P3K, pelatihan P3GD, pelatihan TPTKP, pelatihan penggunaan alkom dan alarm, pelatihan pelaporan dan koordinasi dengan petugas Polri dan instansi terkait,” jelas AKP Heru.

Selain penyerahan hadih lomba hadiah, di waktu yang sama Kapolres Kebumen juga melantik dua personel PNS naik pangkat per tanggal 1 Oktober 2023.

Yakni Penata Ely Sumatni, Banum Sidokkes Polres Kebumen dan Pengatur Jarwono, Banum Satsamapta Polres Kebumen.

𝗞𝗮𝘀𝘄𝗶 / 𝗥𝗲𝗱
Humas Polres Kebumen