Sempat Dinyatakan Hilang Sepekan Warga Dusun Tebing Tinggi Akhirnya Ditemukan Sudah Meninggal Dunia

KAL-BAR405 Dilihat

investigasibhayangkara.com
Polsek Ngabang – Polres Landak – Polda Kalbar, Sesosok tubuh manusia yang ditemukan di Sungai Landak Dusun Sebirang Desa Sebirang Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak, teridentifikasi berjenis kelamin Laki-laki bernama Mudzakir (32). Warga Dusun Tebing tinggi, Desa Hilir Kantor 001/013 Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak. Rabu, (12/06/2024)

Jenazah korban ditemukan tersangkut di batang kayu dalam aliran sungai yang mengalir di Dusun Sebirang Desa Sebirang. Jenazah korban pertama kali ditemukan oleh pemancing bernama Ilham (28) yang rencananya akan mencari Ikan di sungai.

“Pada saat saya mengayuh sampan yang hendak memancing, saya melihat dari jauh, Sepertinya ada mayat orang yang tersangkut di batang kayu” kata Ilham

Ilham akhirnya naik ke daratan dan memberitahukan ke warga Desa Sebirang terkait penemuan tersebut. Salah seorang warga lalu melaporkan penemuan Jenazah manusia itu ke pihak berwenang.

Korban Sempat Dilaporkan Hilang

Kapolres Landak Akbp I Nyoman Budi Artawan, S.H.,S.I.K.,M.M melalui Akp Prambudi, S.H, mengatakan korban sempat diberitakan dan dilaporkan menghilang sejak hari Selasa tanggal 4 Juni 2024 yang lalu dan pihak Keluarga sebelumnya sudah melaporkan hal tersebut ke Polsek Ngabang secara resmi.

“Pada tanggal 4 Juni 2024 yang lalu almarhum keluar dari rumah sekitar pukul 11.00 wib. Dengan berjalan kaki menggunakan celana pendek tanpa mengenakan baju ke arah Pasar Baru Desa Hilir Kantor, dan Sejak saat itu almarhum tidak pernah terlihat lagi sehingga pihak keluarga lakukan pencarian baik melaporkan di Polsek Ngabang terkait orang hilang, serta memanggil warga untuk mencari di sekitar kebun dan pesisir sungai” ujar Kapolsek

Berdasarkan hasil foto yang ditunjukkan, pihak keluarga mengenali mayat tersebut, dan selanjutnya pihak keluarga beserta personil Polsek Ngabang, Ambulance Puskesmas Semata dan BPBD Kabupaten Landak yang dipimpin oleh Kapolsek Ngabang menuju ke lokasi penemuan mayat Desa Sebirang Kecamatan Ngabang.

“Sekitar pukul 15.00 wib personil Polsek Ngabang beserta masyarakat sekitar melakukan evakuasi Jenazah dengan menggunakan perahu milik masyarakat” Ungkap Kapolsek

Selanjutnya mayat diangkat dan diangkut menggunakan perahu milik masyarakat dan dibawa ke dermaga (tempat berlabuh perahu masyarakat) Desa Sebirang.

“Ketika tiba di dermaga selanjutnya dilakukan pengenalan terhadap jenazah oleh pihak keluarga yang kehilangan salah satu keluarga nya.
Berdasarkan hasil pengenalan terhadap celana yang dipakai dan postur tubuh Jenazah yang dilakukan oleh Paman korban an. B. Ruslan Abdul Gani dan Abang Ipar korban an. Aspul menyatakan bahwa jenazah tersebut an. Mudzakir yang telah dilaporkan hilang pada hari Selasa Tanggal 4 Juni 2024.” Ucap Kapolsek

Atas pengenalan terhadap jenazah tersebut, selanjutnya pihak keluarga meminta agar jenazah langsung dibawa ke rumah duka di Dusun Tebing tinggi RT. 001/013 Desa Hilir Kantor Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak untuk segera dilakukan pemakaman.

Sekitar pukul 17.10 wib jenazah dilakukan pemakaman di Tempat Pemakaman Umum Kelampai Desa Hilir Tengah Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak.

“Bahwa pihak keluarga menerima kematian jenazah dan menolak untuk dilakukan autopsi.” Tutup Kapolsek

Penulis : Humas Polsek Ngabang / 44N