Upacara Hari Kesaktian Pancasila Dilaksanakan di Taman Bung Karno Dipimpin Langsung Komandan Kodim 1619/Tabanan

๐—œ๐—ป๐˜ƒ๐—ฒ๐˜€๐˜๐—ถ๐—ด๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—•๐—ต๐—ฎ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—ฐ๐—ผ๐—บ

๐—ง๐—”๐—•๐—”๐—ก๐—”๐—ก – Dalam rangka untuk mengenang terselamatkannya Pancasila dari beberapa ancaman pemberontakan yang mengganggu kedaulatan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Tabanan menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Taman Bung Karno, Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan dengan mengusung tema โ€œPancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Majuโ€ dengan Inspektur Upacara (Irup) Komandan Kodim 1619/Tabanan Letkol Inf Riza Taufiq Hasan, S.I.P., pada Minggu (1/10/2023).

Pelaksanaan upacara diikuti oleh Komandan Rindam IX/Udayana, unsur Forkopimda Kabupaten Tabanan, Pejabat Eselon, seluruh jajaran SKPD Kabupaten Tabanan, Aparatur Sipil Negara yang terdiri atas PNS dan Tenaga Kontrak jajaran Pemerintah Kabupaten Tabanan, Prajuru MDA Kabupaten Tabanan, Pengurus Forum Perbekel Kabupaten Tabanan dan Prajuru Desa Adat Tabanan.

Usai upacara Komandan Kodim 1619/Tabanan Letkol Inf Riza Taufiq Hasan, S.I.P., mengatakan, dalam kehidupan sehari-hari masyarakat harus menerapkan karakter dan nilai Pancasila. โ€œDalam memperingati hari kesaktian Pancasila, kita dapat mengingatkan kembali bahwa Pancasila itu sakti, karena Butir-butir Pancasila itu dapat mempersatukan kita semua dalam satu bingkai yaitu NKRI,” kata Letkol Inf Riza Taufiq Hasan, S.I.P.

Saya berharap kepada masyarakat, terlebih pada kalangan muda, untuk tetap dan harus menjaga, menerapkan serta tidak meragukan dasar negara, ideologi bangsa yakni Pancasila, dengan memegang teguh “Kultur Indonesia santun, toleransi, agamis dan Kita harap kalangan muda tidak dapat dengan mudah terpengaruh sehingga kultur yang telah baik ini tidak terkikis dengan tetap menanamkan pada diri kitra karakter Pancasila,” Tegasnya.

Menurutnya, dengan momentum seperti ini, menjadi salah satu sarana dan tempat dalam menanamkan jiwa Pancasila serta Bela Negara bagi anak generasi penerus Bangsa, Pungkasnya.
๐—ง๐—ถ๐—บ ๐—น๐—•๐—น / ๐—ฅ๐—ฒ๐—ฑ