Subsatgas Propam OMB Polres Gianyar Konsisten Awasi Netralitas dan Pelaksanaan Pengamanan Pemilu 2024

BALI171 Dilihat

Investigasibhayangkara.com

Polda Bali-polres Gianyar,-
Divisi Propam Polri memastikan upaya menjaga dan mengawasi seluruh anggota Polri dilakukan dengan berbagai cara. Sebagaimana kegiatan pengawasan Sub Satgas Propam Ops Mantap Brata Agung Polres Gianyar, Senin/29 Januari 2024.

Kanit Propam Polsek Blahbatuh yang tergabung dalam Subsatgas Propam OMB Polres Gianyar Aiptu I Dewa Gede Raka Winursita secara rutin mengawasi tugas pengamanan tahap Kampanye benar-benar mematuhi SOP dan menjaga netralitas.

Seijin Kapolres Gianyar, AKBP Ketut Widiada,S.I.K., Kasatgas Humas Iptu I Nyoman Tantra, bahwa terkait Netralitas Polri wajib dipatuhi seluruh personel.

“Arahan dari Bapak Kapolri tentang netralitas Polri, Tentunya ada juga Undang-Undang yang mengatur tentang Kepolisian Pasal 28 ayat (1) dan (2), bahwa polisi netral,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa Polri merupakan salah satu leading sector yang bertanggung jawab memastikan seluruh tahapan pemilu berjalan dengan aman, damai, dan lancar.

Menurutnya, dalam PKPU dan UU Nomor 17 Tahun 2007 jelas diatur soal tugas polisi menjaga Capres-Cawapres, kotak suara dan memastikan seluruh pengamanan proses pesta demokrasi lima tahunan itu. Sehingga netral yang dilakukan Polri adalah aturan dan sop dipatuhi.

“Pengawasan yang dilaksanakan oleh Sub Satgas Propam merupakan pengamanan internal dan kami selalu ingatkan personel Jangan menunjukan keterlibatan, baik bentuk simbol, tanda dan kegiatan. Tapi komitmen menjaga agar pemilu lancar. Tentu dengan tupoksi yang sudah diatur” tandas Iptu Tantra.

(Hms/ag)