Panglima TNI dan Kapolri Pimpin Upacara Wisuda 1.234 Prabhatar Akademi TNI Akpol

Berita Hari Ini496 Dilihat

𝗜𝗻𝘃𝗲𝘀𝘁𝗶𝗴𝗮𝘀𝗶 𝗯𝗵𝗮𝘆𝗮𝗻𝗴𝗸𝗮𝗿𝗮 𝗰𝗼𝗺
𝗠𝗔𝗚𝗘𝗟𝗔𝗡𝗚 – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi inpektur upacara memimpin wisuda Prajurit Bhayangkara Taruna (Prabhatar) Akademi TNI dan Akademi Kepolisian di Lapangan Sapta Marga Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Selasa (28/11/2023) pagi.

Komandan Upacara diisi Danmenchadra Kol Inf Aulia Dwi Nasrullah, nampak perwira upacara dari kepolisian yakni Wadandiksar Integratif Kemitraan, AKBP Iwan Yuli Prasetyo.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dalam kesempatan itu mengucapkan selamat kepada 1.234 prajurit atas keberhasilan taruna taruni Akademi TNI dan taruna taruni Akpol. Menurutnya waktu 4 bulan didalam resimen Candradimuka adalah waktu yang sangat berharaga

“Kalian hidup dan berlatih bersama berbagi suka dan duka, mengenal satu sama lain dan bahkan mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing,” kata Agus Subiyanto.

Agus berharap persaudaraan tetap dijaga, terlebih menjaga integrasi dan kredibilitas dalam mengawal keutuhan bangsa dan negara, menjaga netralitas dan berkonsentrasi pada pertahanan dan keamanan.

“Keberhasilan ini adalah modal dasar yang kuat dalam mengatasi berbagai tantangan yang akan dihadapinya nanti,” terang Agus Subiyanto, Panglima TNI.

Sementara Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan ucapan selamat kepada 1.234 taruna dan taruni atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan dasar integratif. Ia mengucapkan selamat kepada para peraih penghargaan yang baru dilantik.

“Bagi yang belum dapat jangan berkecil hati, sebab perjalanan masih panjang dan peluang masih terbuka lebar untuk bisa menjadi yang terbaik pada tahapan pendidikan selanjutnya,” kata Sigit.

Menurutnya, keberhasilan itu harus ditempuh dengan cara meningkatkan motivasi belajar dan berlatih, sehingga cita cita menjadi seorang perwira dapat ditunjukan.

“Karena keberhasikan adalah milik mereka yang mau membesarkan diri dengan baik, pekerja keras dan mau belajar dari kegagalan,” jelasnya.

Lebih lanjut Sigit mengatakan taruna dan taruni Akademi TNI dan Akpol baru menyelesaikan tahap awal pendidikan pembentukan bersama dalam satu wadah yaitu resimen Candradumuka, diharapkan agar menjadi prajurit pribadi yang kuat berjiwa sapta marga serta bhayangkara negara yang berpegang Tribata dan catur prasetya.

Dikatakan Sigit, pendidikan bersama merupakan wujud komitmen TNI Polri untuk menjalin sinergitas dan solidaritas.

“Saya berharap pendidikan dasar integrasi kemitraan ini mampu menjadi perekat ikatan emosional diantara para taruna sehingga dapat terus bersaing dan menjadi teladan bagi masyarakat dalam mempererat kebhinekaan,” harap Iistyo Sigit Prabowo.

Berikut ini jumlah peserta siswa taruna Akademi TNI dan Akpol TA 2023 sebanyak 1240 dikurangi 6 jadi total 1234 diantaranya, sbb :

  1. Akmil : 539 kurang 4 jumlah : 535.
    a. Taruna : 471 kurang 2 jumlah : 469.
    b. Taruni : 68 kurang 2 jumlah : 66.
  2. AAL : 240.
    a. Taruna : 219.
    b. Taruni : 21.
  3. AAU : 155.
    a. Taruna : 143.
    b. Taruni : 12.
  4. Akpol : 302 kurang 2 jumlah : 300.
    a. Taruna : 267 kurang 2
    jumlah : 265.
    b. Taruni : 35.
  5. Timor Leste : 4 Taruna.

Berikut ini daftar nama Taruna/Taruni berprestasi dalam Pendidikan Dasar Integratif Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol Tahun Pendidikan 2023, sbb :

  1. Nomor urut satu, Caprabhatar Maulana Adam, Nomor Akademi 2023.124, Taruna Terbaik Matra Darat.
  2. Nomor urut dua, Caprabhatar Exzal Fildan Lasandi, Nomor Akademi 2023.670, Taruna terbaik Matra Laut.
  3. Nomor urut tiga, Caprabhatar Made Arya Abigara, Nomor a
    akademi 2023.808, Taruna terbaik Matra Udara.
  4. Nomor urut empat, Caprabhatar Enricko Herlambang Prawirokarjo, Nomor Akademi 2023. 1118 Taruna terbaik Akademi Kepolisian.
  5. Nomor Urut lima, Caprabhatar Ghina Maulina Aprilla, Nomor Akademi 2023.508, Taruni terbaik Matra Darat.

6.Nomor urut enam, Caprabhatar Junisah R. Sianipar, Nomor Akademi 2023. 777, Taruni terbaik Matra Laut.

7.No urut tujuh, Caprabhatar Ni Luh Ayu Putu Sri kusuma Dewi, Nomor Akademi 2023.927, Taruni baik Matra Udara.

  1. No Urut delapan, Caprabhatar Stefany Martha Purba, Nomor Akademi 2023. 1221, Taruni terbaik Akademi Kepolisian.

Red IBI
(Vio Sari)